Ilustrasi bom. (Foto: Medcom.id).
Ilustrasi bom. (Foto: Medcom.id).

Veteran AS Rencanakan Aksi Teror Terkait Christchurch

Internasional amerika serikat
Marcheilla Ariesta • 30 April 2019 09:12
Los Angeles: Seorang veteran Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) ditangkap karena dugaan merencanakan serangan teror besar di Los Angeles. Serangan ini dinilai sebagai pembalasan atas penembakan massal di Selandia Baru.
 
"Ini adalah kasus di mana penegak hukum dapat mengidentifikasi seorang pria yang memiliki kebencian dan bertekad melakukan pembunuhan massal," kata Jaksa AS Nick Hanna, dilansir dari laman AFP, Selasa, 30 April 2019.
 
"Kita harus menghentikannya sebelum dia melakukan rencana penyerangan," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mark Steven Domingo, 26, merupakan seorang mualaf. Dia memiliki pengalaman tempur di Afghanistan.
 
Kini, dia menghadapi tuduhan terkait teror federal karena merencanakan penyerangan massal. Dia membuat bom rakitan yang rencananya akan diledakkan saat demonstrasi nasionalis kulit putih di Long Beach akhir pekan lalu.
 
"Kasus kriminal ini menguraikan plot terorisme mengerikan yang berkembang selama dua bulan terakhir. Menargetkan orang Amerika yang tidak bersalah," terang Hanna.
 
Domingo ditangkap Jumat pekan lalu. Menurut dokumen pengadilan, Domingo menyatakan dukungan teror dalam unggahannya di akun media sosial.
 
Percakapannya dengan sumber Biro Investigasi Federal (FBI) menunjukkan dia ingin menjadi martir dan membalas serangan terhadap Muslim yang terjadi di Christchurch pada 15 Maret.
 
Hanna menambahkan, Domingo juga menyatakan keinginannya untuk membunuh orang-orang Yahudi ketika mereka berjalan ke sinagoge.
 
"Di lain waktu dia berkata ingin membunuh dan menargetkan petugas polisi, menyerang fasilitas militer atau menyerang kerumunan orang di dermaga Santa Monica," ungkapnya.
 
Domingo bertugas di Afghanistan antara September 2012 hingga Januari 2013. Dia diduga merencanakan serangan teror sejak awal Maret dan memutuskan bergerak maju usai penembakan di dua masjid Christchurch, Selandia Baru.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif