Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (Foto: AFP)
Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (Foto: AFP)

Presiden Brasil Bebaskan Warga Sipil Bawa Senjata Api

Internasional senjata api brasil
Sonya Michaella • 08 Mei 2019 15:17
Rio de Janeiro: Presiden Brasil Jair Bolsonaro baru saja menandatangani surat keputusan untuk membawa dan mengimpor senjata api. Penandatanganan ini disambut tepuk tangan meriah dari sejumlah anggota Kongres.
 
"Saya selalu mengatakan bahwa keamanan publik berawal dari rumah-rumah warga Brasil. Keputusan kita tidak melampaui hukum," kata Bolsonaro, dikutip dari AFP, Rabu 8 Mei 2019.
 
Tertulis bahwa keputusan itu memperbolehkan warga negara Brasil yang berprofesi sebagai atlet menembak, pemburu dan kolektor senjata api diizinkan bepergian dengan membawa senjata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para pendukung Bolsonaro pun setuju karena kelonggaran kepemilikan senjata tersebut dianggap dapat meningkatkan pertahanan diri negara.
 
Sementara itu, semua pemilik senjata berlisensi akan diizinkan untuk membeli hingga lima butir peluru dalam satu tahun, tergantung dari jenis dan tipe senjata yang dimiliki.
 
"Keputusan tersebut didasarkan pada hasil referendum tahun 2005 di mana hampir 64 persen rakyat Brasil menolak Undang-Undang Pelarangan Penjualan Senjata," Bolsonaro menegaskan.
 
Namun, keputusan ini dikritik keras oleh seorang ahli keamanan dari perusahaan konsultan strategis Brasil di mana keputusan ini akan memberikan celah cukup besar untuk memudahkan siapa pun memiliki senjata api.
 
Dengan banyaknya warga yang memiliki senjata api, maka tingkat kematian di Brasil akan semakin tinggi. Di tahun 2017, tercatat ada 64 ribu kasus pembunuhan yang terjadi di negara ini.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif