Kantor Pentagon di Washington. (Foto: AFP).
Kantor Pentagon di Washington. (Foto: AFP).

AS Berhasil Uji Sistem Rudal Balistik Anti-Antarbenua

Internasional amerika serikat
Marcheilla Ariesta • 26 Maret 2019 14:41
Washington: Militer Amerika Serikat (AS) mengklaim berhasil menguji sistem rudal balistik anti-antarbenua (ICBM). Target diluncurkan dari Kepulauan Marshall dan ditembak jatuh oleh dua sistem pencegat misil yang berbasis di California.
 
AS telah mengembangkan sistem Midcourse Defense (GMD) berbasis darat untuk melindungi diri dari ICBM. Sistem ini dirancang untuk menembakkan rudal pencegat ke luar angkasa dan menggunakan energi kinetik untuk menghancurkan target.
 
"Sistem GMD sangat penting untuk pertahanan Tanah Air kita, dan tes ini menunjukkan bahwa kita memiliki penangkal yang dapat dipercaya dan kredibel terhadap ancaman nyata," kata Kepala Badan Pertahanan Rudal, Letnan Jenderal Angkatan Udara Samuel Greaves, dikutip dari AFP, Selasa 26 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini merupakan tes pertama yang berhasil melibatkan sistem rudal pencegat. AS telah menghabiskan puluhan tahun dan miliaran dolar mengembangkan teknologi untuk menghentikan rudal balistik.
 
Korea Utara menjadi negara baru yang masuk klub ICBM pada 2017 usai menguji Hwasong-15. Menurut para analis, rudal tersebut mampu menjangkau seluruh daratan di Negeri Paman Sam.
 
Saat ini, Washington dan Pyongyang belum mengalami kemajuan berarti dalam negosiasi pelucutan senjata nuklir. Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un telah bertemu dua kali untuk membahas denuklirisasi penuh di Semenanjung Korea, namun tidak ada hasil memuaskan.
 
Pertemuan kedua mereka dilakukan pada Februari lalu di Hanoi, Vietnam, setelah tahun sebelumnya bertemu di Singapura.
 
Namun pekan lalu, Trump mengumumkan pembatalan sanksi baru ke Korut. Ini menandakan ada upaya yang mungkin untuk memulai kembali pembicaraan denuklirisasi.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif