Julian Castro resmi menyatakan maju dalam pilpres 2020 pada Sabtu 12 Januari 2019. (Foto: AFP/NICHOLAS KAMM)
Julian Castro resmi menyatakan maju dalam pilpres 2020 pada Sabtu 12 Januari 2019. (Foto: AFP/NICHOLAS KAMM)

'Anak Didik' Obama Resmi Maju dalam Pilpres 2020

Internasional amerika serikat donald trump
Willy Haryono • 13 Januari 2019 20:25
Washington: Julian Castro, mantan wali kota San Antonio yang juga merupakan 'anak didik' Barack Obama, resmi menyatakan maju dalam pemilihan umum presiden Amerika Serikat tahun 2020 mendatang. Castro akan menjadi presiden pertama dar etnis Hispanik jika berhasil memenangkan pilpres.
 
Dalam pengumuman pencalonan, Castro menekankan pada harapan dan keberagaman di tengah terpecahnya masyarakat Amerika mengenai isu keimigrasian dan keamanan perbatasan.
 
"Saya adalah kandidat presiden Amerika Serikat," ungkap Castro di hadapan para pendukungnya di Guadalupe Plaza, San Antonio, seperti dilansir dari laman AFP, Sabtu 12 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menyinggung mengenai shutdown -- penutupan sebagian institusi pemerintahan AS -- yang dipicu kontroversi rencana Presiden Donald Trump membangun tembok di perbatasan, Castro menyampaikan pesan damai.
 
"Betul, kita semua memang harus memikirkan masalah perbatasan. Tapi hal ini harus dilakukan secara pintar dan manusiawi," tegas Castro, mengkritik kebijakan Trump.
 
"Kita harus mengatakan tidak untuk pembangunan tembok, dan katakan iya untuk membangun komunitas," lanjut dia, yang diikuti tepuk tangan meriah.
 
Trump ingin membangun tembok besar untuk menghalangi kedatangan imigran dari Meksiko. Isu tembok ini merupakan salah satu janji kampanyenya.
 
Untuk membangun tembok, Trump mengajukan proposal USD5,7 miliar atau Rp80 triliun kepada Kongres AS. Namun, Partai Demokrat menolak proposal tersebut.
 
"Terjadi krisis saat ini -- krisis kepemimpinan. Donald Trump telah gagal menegakkan nilai-nilai dari negara kita," sebut Castro.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif