Presiden Donald Trump (tengah) dan Wapres Mike Pence (kiri) mengunjungi memorial Martin Luther King Jr. di Washington, AS, 21 Januari 2019. (Foto: AFP/Getty/Pete Marovich)
Presiden Donald Trump (tengah) dan Wapres Mike Pence (kiri) mengunjungi memorial Martin Luther King Jr. di Washington, AS, 21 Januari 2019. (Foto: AFP/Getty/Pete Marovich)

Trump Mendadak Kunjungi Memorial Martin Luther King Jr.

Internasional amerika serikat donald trump
Arpan Rahman • 22 Januari 2019 16:16
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump secara mendadak mengunjungi memorial Martin Luther King Jr. di Washington, Senin 21 Januari 2019. Kunjungan dilakukan setelah sejumlah pihak mengkritik Trump yang dinilai tidak berencana menghormati aktivis hak-hak sipil tersebut di hari peringatan Martin Luther King Jr atau biasa disingkat MLK Day.
 
Disitat dari laman Evening Standard, Senin 21 Januari 2019, Trump meletakkan karangan bunga dan berdiri di depan patung MLK selama sekitar dua menit.
 
"Selamat pagi, semuanya. Ini hari yang indah. Terima kasih sudah hadir di sini. Saya mengapresiasi hal tersebut," kata Trump, menurut laporan media New York Post.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Trump tidak memberikan keterangan lanjutan ke awak media terkait kunjungan itu, yang dilakukannya bersama Wakil Presiden Mike Pence dan pelaksana tugas Menteri Dalam Negeri David Bernhardt.
 
Sebelumnya, Gedung Putih menyatakan Trump maupun Pence sama-sama tidak memiliki rencana melakukan kunjungan publik apapun di hari libur nasional MLK Day.
 
Memorial MLK tidak ada dalam jadwal kunjungan kerja Trump di tanggal 21 Januari. Sejumlah reporter yang mengikuti Trump sehari-hari pun baru ada kunjungan ke memorial saat tiba di lokasi.
 
Pendeta Al Sharpton, seorang aktivis hak-hak sipil dan mantan penasihat Barack Obama, mengecam Trump terkait MLK. "Ini merupakan penghinaan terhadap masyarakat, karena presiden Amerika Serikat tidak secara resmi mengakui atau melakukan acara seremonial untuk Dr. King," ucap dia.
 
Usai mengunjungi MLK, Trump menuliskan di Twitter, bahwa "hari ini kita memperingati Dr. Martin Luther King, Jr. yang memperjuangkan hak-hak warga Amerika, bahwa tidak peduli apa warna kulit atau tempat kelahiran kita, kita diciptakan sama oleh Tuhan."
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif