Grafik alat seismograf. (Foto: AFP/ PEDRO PARDO)
Grafik alat seismograf. (Foto: AFP/ PEDRO PARDO)

Gempa Susulan Magnitudo 7,1 Guncang California Selatan

Internasional gempa bumi
Willy Haryono • 06 Juli 2019 12:04
California: Gempa susulan berkekuatan magnitudo 7,1 mengguncang wilayah padang pasir di California Selatan, Amerika Serikat. Menurut data Badan Survei Geologi AS (USGS), gempa susulan menghantam California pada Jumat 5 Juli, pukul 19.13 waktu setempat.
 
Dilansir dari laman BBC, Sabtu 6 Juli 2019, USGS menyebut kedalaman gempa mencapai 0,9 km dan episenternya berada di dekat Ridgecrest, sekitar 240 km dari Los Angeles.
 
Kamis kemarin, gempa magnitudo 6,4 mengguncang wilayah yang sama. Kuatnya guncangan merusak sejumlah bangunan dan juga memicu kebakaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terdapat laporan terjadinya pemadaman aliran listrik di beberapa wilayah California selatan usai gempa susulan. Belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan gedung dalam gempa terbaru.
 
Ridgecrest telah dilanda lebih dari 17 guncangan magnitudo kisaran 4 dan sedikitnya 1.200 gempa susulan sejak Kamis 4 Juli. Gempa magnitudo 5,4 pada Jumat pagi terasa cukup kuat dan terasa hingga ke Los Angeles.
 
Lucy Jones, pakar seismolog yang pernah bekerja di USGS, menduga bahwa gempa susulan akan terus terjadi karena guncangan pertama pada Kamis kemarin telah memperlebar sistem patahan di California selatan.
 
"Patahannya terus melebar," kata Jones.
 
Hal senada disampaikan Egill Hauksson, seorang pakar seismolog dari Caltech. "Gempa susulan (di California) mungkin akan terus terjadi dalam hitungan bulan, atau bahkan tahun," ungkap dia.
 
Meski rata-rata gempa susulan di California ini relatif kecil, Hauksson memprediksi akan ada yang kekuatannya di atas 5 pada suatu waktu.
 
Sementara itu, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles telah menyampaikan imbauan melalui media sosial dan komunikasi langsung kepada para WNI di California dan sekitarnya untuk tetap tenang dan memantau informasi dari sumber terpercaya.
 
Jumlah WNI di LA saat ini berkisar 50 ribu orang. Untuk situasi darurat, KJRI LA membuka hotline: +1 213 590 8095.
 
Baca:Gempa di California Selatan, Tidak Ada Korban WNI
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif