Senator Bernie Sanders. (Foto: AFP)
Senator Bernie Sanders. (Foto: AFP)

Bernie Sanders Kembali Calonkan Diri untuk Pilpres 2020

Internasional amerika serikat
Arpan Rahman • 20 Februari 2019 18:18
Vermont: Senator Bernie Sanders mengumumkan dirinya akan kembali mencalonkan diri untuk pemilihan umum presiden Amerika Serikat pada 2020 mendatang. Sebelum bertarung dengan Presiden Donald Trump, ia terlebih dahulu bertekad memenangkan nominasi dari Partai Demokrat.
 
Sanders, 77, gagal menjadi kandidat capres dari Demokrat pada 2016 usai kalah dari Hillary Clinton. Namun kali ini, ia bertekad mengalahkan beberapa kandidat lainnya dari Demokrat dan bertarung dengan kandidat Partai Republik.
 
Dalam sebuah surat elektronik kepada para pendukungnya, Sanders berjanji akan fokus kepada beberapa hal yang diyakini akan mendominasi Washington.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kampanye kita akan mengenai menciptakan pemerintahan dan perekonomian yang bermanfaat bagi semua, tidak hanya untuk segelintir orang," kata Sanders di surat tersebut.
 
"Bersama-sama, kalian dan saya akan memiliki kampanye revolusi politik. Sekarang saatnya untuk menyelesaikan revolusi itu dan mengimplementasikan visi bersama yang telah kita perjuangkan bersama," lanjut dia, seperti dinukil dari laman Sky News, Selasa 19 Februari 2019.
 
Tokoh asal Vermont itu tidak ragu dalam menyebutkan siapa musuh Amerika sebenarnya. Ia melabeli Donald Trump sebagai "Presiden paling berbahaya dalam sejarah Amerika modern."
 
"Kita akan menghadapi seorang presiden yang merupakan seorang pembohong, penipu, rasis, seksis dan perusak demokrasi. Ia memimpin kita ke arah otoriter," sebut Sanders.
 
Dalam kampanye pilpres 2016, Sanders adalah rival utama Clinton di Demokrat. Agenda sayap kiri Sanders, termasuk asuransi kesehatan universal, menaikkan upah minimum, kuliah gratis, dan lainnya telah didukung 23 negara bagian. Seiring meningkatnya popularitas Sanders, jumlah massa dalam acara kampanyenya pun bertambah.
 
Namun Sanders memutuskan mundur dan menyerahkan nominasi Demokrat kepada Clinton, yang otomatis membuat banyak pendukungnya kecewa.
 
Deretan capres lain dari Demokrat saat ini adalah senator Cory Booker dari New Jersey, Kamala Harris dari California, Kirsten Gillibrand dari New York, Amy Klobuchar dari Minnesota dan Elizabeth Warren dari Massachusetts.
 
Baca:Warren Sebut Trump Mungkin Sudah Jadi Napi di 2020
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif