Menlu AS Tuduh Korut Sembunyikan Fasilitas Nuklir
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo (Foto: AFP).
Tokyo: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menuduh Korea Utara (Korut) mengoperasikan fasilitas nuklir. Sebelummya Pompeo melakukan kunjungan ke Korut pada 6-7 Juli lalu.
 
Pompeo sempat melakukan pertemuan dengan pejabat senior Korut Kim Yong Chol. Langkah Pompeo melakukan pertemuan ini dinilai untuk membuktikan kecurigaan bahwa Korut tetap melanjutkan program nuklirnya, bertentangan dengan prinsip denuklirisasi yang disampaikan saat pertemuan AS-Korut di Singapura Juni lalu.
 
Selain itu, Pompeo juga menyuarakan kemungkinan bahwa jika Korut memulai proses denuklirisasi, tuduhan adanya fasilitas nuklir yang disembunyikan akan menjadi masalah. Khususnya ketika memasuki fase deklarasi dan verifikasi.
 
Menurut surat kabar Jepang Yomiuri Shimbun yang menggali informasi mengenai pertemuan Jepang-AS dan Korea Selatan, Pompeo menjelaskan mengenai perihal pertemuannya dengan Kim Yong Chol. Menurut Pompeo, Korut telah mengembangkan produksi pengayaan uranium dan menyembunyikan fasilitas terkait program nuklir serta hulu ledak nuklir.
 
Berdasarkan informasi, aktivitas konstruksi sedang berjalan di pabrik rudal di Hamhung, Provinsi Hamgyong. Konstruksi itu dilakukan untuk memperluas fasilitas pabrik ini.
 
Pompeo pun menegaskan bahwa kenyataan ini tidak membawa keuntungan AS-Korut. "Namun Kim Yong-chol membantah tuduhan dari Pompeo," ujar sumber yang dimaksud Yomiuri Shimbun, seperti dikutip Channel News Asia, Selasa 17 Juli 2018.
 
Kim Yong-Chol pun menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menyembunyikan ataupun mengoperasikan pusat pengayaan uranium rahasia.
 
Menurut Kim, aktivitas pabrik rudal Hamhung merupakan bagian untuk persiapan menghadapi musim hujan. Ini menurutnya bukan bentuk perluasan pabrik.
 
Sementara pada 7 Juli, pihak Kementerian Luar Negeri Korut mengeluarkan pernyataan bahwa AS menunjukkan sikap yang menyedihkan saat pertemuan antara Pompeo dengan para pejabat Korut.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id