Elizabeth Warren. (Foto: Joseph Prezioso, AFP/Getty Images)
Elizabeth Warren. (Foto: Joseph Prezioso, AFP/Getty Images)

Warren Sebut Trump Mungkin Sudah Jadi Napi di 2020

Internasional amerika serikat donald trump
Willy Haryono • 11 Februari 2019 06:02
Iowa: Senator senior Elizabeth Warren langsung menyerang Presiden Amerika Serikat Donald Trump di hari pertama kampanyenya sebagai kandidat calon presiden dari Partai Demokrat. Dia mengaku tidak yakin Trump masih akan menjabat presiden, atau berada di luar penjara, saat memasuki hari pemilihan umum di tahun 2020.
 
Senator asal Massachusetts itu menyampaikan pandangannya dalam sebuah kampanye di Iowa, Minggu 10 Februari 2019. Dia menyebut Trump sebagai sosok presiden dengan perilaku dan retorika "rasis."
 
"Saat kita memasuki 2020, Donald Trump mungkin sudah bukan lagi menjadi presiden," sebut Warren di sebuah acara di Cedar Rapids. "Faktanya, mungkin juga sudah bukan menjadi orang bebas lagi," lanjut dia, seperti dikutip dari laman Independent.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berada di urutan teratas nominasi Demokrat, Warren secara resmi mengumumkan pencalonan dirinya pada Sabtu 9 Februari. Ia akan bergabung bersama beberapa kandidat capres lainnya dari Demokrat, yang mungkin juga akan diikuti mantan wakil presiden Joe Biden.
 
Belakangan Warren menjadi fokus kemarahan Trump, terutama mengenai isu bahwa wanita berusia 69 tahun itu adalah keturunan suka asli Amerika.
 
Tahun lalu, Warren merilis hasil tes DNA yang memperlihatkan dirinya memang memiliki gen suku asli Amerika. Hasil tes tersebut memicu kontroversi dan keributan, dan Warren meminta maaf atas semua itu.
 
Trump dan para pendukungnya kemudian menyinggung mengenai hasl tes tersebut dan menuduh Warren sebagai perempuan rasis. Namun dalam kampanye di Iowa, Warren justru balik menyerang Trump yang dianggapnya sebagai pria rasis.
 
"Ada tweet rasis dan penuh kebencian. Sesuatu yang sangat gelap dan buruk," ujar Warren, yang disebutnya sering dilakukan Trump di akun Twitter pribadinya.
 
"Dan apa yang akan kita lakukan sebagai kandidat, sebagai aktivis, sebagai pers?" tanya dia.
 
Warren adalah salah satu tokoh Demokrat paling dikenal dalam satu dekade terakhir. Namanya mulai dikenal sebagai aktivis saat krisis finansial global.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif