Kapal perang Tiongkok di Laut China Selatan. (Foto: AFP).
Kapal perang Tiongkok di Laut China Selatan. (Foto: AFP).

Pentagon: Peluncuran Rudal Tiongkok di LCS 'Mengganggu'

Internasional amerika serikat
Marcheilla Ariesta • 03 Juli 2019 15:03
Washington: Kementerian Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon mengatakan peluncuran rudal Tiongkok baru-baru ini di Laut China Selatan "mengganggu" stabilitas kawasan. Mereka menilai aksi Beijing ini bertentangan dengan janji mereka yang tidak akan melakukan militerisasi di perairan sengketa itu.
 
"Tentu saja Pentagon mengetahui peluncuran rudal Tiongkok di pulau buatan di Laut China Selatan dekat Kepulauan Spratly," kata juru bicara Pentagon Letnan Kolonel Dave Eastburn, dikutip dari Channel News Asia, Rabu, 3 Juli 2019.
 
"Saya tidak akan berbicara atas nama semua negara pengklaim di kawasan itu, tapi saya yakin mereka setuju bahwa perilaku Tiongkok bertentangan dengan klaimnya ingin membawa perdamaian ke kawasan itu," imbuh dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Eastburn, kehadiran Beijing di perairan tersebut sudah jelas, yakni untuk mengintimidasi negara pengklaim lainnya.
 
Sementara itu, seorang pejabat AS lainnya mengatakan Tiongkok sudah menguji beberapa misil balistik anti-kapal selama akhir pekan lalu.
 
Laut China Selatan merupakan salah satu dari penyebab 'memanasnya' hubungan Washington dan Beijing. AS telah berulang kali menyatakan militerisasi Beijing atas Laut China Selatan dapat terlihat lewat sejumlah pembangunan instalasi militer di pulau-pulau buatan di perairan tersebut.
 
Tak hanya Tiongkok, perairan 'Jalur Sutra' itu juga diperebutkan oleh Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif