Wali Kota London Sadiq Khan. (Foto: AFP)
Wali Kota London Sadiq Khan. (Foto: AFP)

Trump Kembali Serang Wali Kota London

Internasional amerika serikat donald trump
Willy Haryono • 16 Juni 2019 15:08
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump sekali lagi menyerang Wali Kota London Khan dengan kata-kata tak pantas, Sabtu 15 Juni. Kali ini, Trump menyebut Khan sebagai "aib nasional" yang telah menghancurkan ibu kota Inggris.
 
Serangan Trump terlontar usai terjadinya lima aksi kekerasan di London dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Lima serangan itu menewaskan tiga orang pria dan melukai tiga lainnya.
 
Ini merupakan kelanjutan dari perselisihan Trump dengan Khan yang sudah berlangsung lama. Dalam serangan tersebut, Trump me-retweet tulisan dari komentator sayap kanan Katie Hopkins mengenai rangkaian aksi kekerasan di London.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"London membutuhkan wali kota baru. Dia (Khan) adalah aib nasional yang menghancurkan kota London!" tulis Trump di Twitter, dikutip dari laman BBC, Minggu 16 Juni 2019.
 
Merespons ucapan Trump, juru bicara Khan mengatakan sang wali kota memilih fokus memikirkan korban beserta keluarga mereka, dan tidak akan "membuang-buang waktu melayani tweet semacam itu."
 
Pemimpin Partai Buruh Inggris Jeremy Corbyn membela Khan. Ia menilai Trump melakukan perbuatan yang "sangat buruk" dengan "memanfaatkan sebuah tragedi hanya untuk menyerang wali kota."
 
"Dia (Khan) mendukung penuh kepolisian dalam menjalankan tugasnya, sementara Katie Hopkins malah menyebarkan retorika penuh kebencian dan memecah-belah," ungkap Corbyn.
 
Kepolisian London telah melakukan 14 penangkapan, termasuk terhadap beberapa pemuda, terkait lima serangan. Tiga korban tewas menjadikan total kematian di London pada 2019 mencapai 56. Tahun lalu di London, terjadi 77 pembunuhan dan 48 diantaranya adalah jenis penusukan.
 
Sebelumnya, Trump pernah menyebut Khan sebagai seorang "pecundang berdarah dingin yang seharusnya fokus mengurusi kejahatan di London." Pernyataan itu disampaikan Trump sesaat sebelum dirinya mendarat di Stansted.
 
Komentar itu merupakan balasan Trump atas ucapan Khan yang menilai Inggris "tidak perlu menggelar karpet merah" untuk presiden AS.
 
Di masa lalu, Trump pernah menantang Khan untuk mengikuti tes IQ dan juga pernah mengecam habis-habisan mengenai respons sang wali kota terhadap serangan di London Bridge pada 2017.
 
Baca:Wali Kota London Sebut Trump Fasis Abad ke-20
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif