Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton. (Foto: AFP)
Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton. (Foto: AFP)

Trump Pecat Penasihat Keamanan Nasional

Internasional amerika serikat donald trump
Willy Haryono • 11 September 2019 06:31
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan bahwa dirinya telah memecat Penasihat Keamanan Nasional John Bolton. Ia beralasan sering berbeda pendapat dengannya dalam berbagai hal.
 
"Saya meminta John untuk mengundurkan diri, dan (suratnya) telah berikan kepada saya pagi ini," tulis Trump di Twitter, dikutip dari laman BBC, Rabu 11 September 2019. Trump mengaku akan menunjuk pengganti Bolton pekan depan.
 
Namun Bolton berkukuh dirinya tidak dipecat, dan hanya mengundurkan diri. Ia berjanji akan menyampaikan pernyataan terkait ini "pada waktunya."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bolton disebut-sebut berbeda pendapat dengan Trump dalam berbagai kebijakan luar negeri, mulai dari isu Afghanistan hingga Iran. Bolton, menjabat di pemerintahan AS saat ini sejak April 2018, adalah penasihat keamanan nasional ketiga Trump setelah Michael Flynn dan HR McMaster.
 
Beberapa saat usai pernyataan Trump, Bolton juga menuliskan cerita versinya di Twitter. Ia mengklaim memang ditawari untuk mengundurkan diri, namun Trump berkata: "Mati kita bicarakan ini besok."
 
Saat berita ini muncul ke media, Bolton menuliskan pesan kepada Fox News bahwa dirinya tidak dipecat, namun mengundurkan diri. Dia juga mengirim pesan ke Washington Post, dan mengatakan dirinya "akan berbicara pada waktunya, dan satu-satunya kekhawatiran saya adalah keamanan nasional AS."
 
Dua jam sebelum peristiwa ini, Bolton dijadwalkan menghadiri pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin di Gedung Putih.
 
Pelaksana tugas Penasihat Keamanan Nasional saat ini akan dipegang Charles Kupperman, yang merupakan wakil Bolton.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif