Presiden AS Donald Trump (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI/GETTY)
Presiden AS Donald Trump (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI/GETTY)

Trump dan Putin Diskusikan 'Hoaks Rusia'

Internasional amerika serikat rusia donald trump
Willy Haryono • 04 Mei 2019 19:12
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku telah berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin via sambungan telepon selama lebih kurang dua jam. Menurut Trump, ia dan Putin membicarakan beragam hal, termasuk mengenai "hoaks Rusia."
 
Trump tidak mengelaborasi mengenai apa yang dimaksud dengan "hoaks Rusia."
 
"Saya telah berdiskusi cukup panjang dengan Presiden Putin," tulis Trump di Twitter, dikutip dari laman BBC, Jumat 3 Mei 2019. Itu adalah percakapan pertama kedua pemimpin sejak laporan Robert Mueller membersihkan nama Trump dari dugaan kolusi dengan Rusia terkait pemilihan umum 2016.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah Rusia mengonfirmasi bahwa Trump memang telah menghubungi Putin via sambungan telepon. Kremlin menyebut pihak yang menelepon adalah Gedung Putih.
 
Desember tahun lalu, Trump dan Putin telah berdiskusi secara informal di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Buenos Aires.
 
"Seperti yang saya selalu katakan, jauh sebelum Perburuan Penyihir dimulai, bersahabat dengan Rusia, Tiongkok dan semua orang adalah hal baik, bukan buruk," tegas Trump. Ia sering menggunakan istilah Perburuan Penyihir (Witch Hunt) terkait investigasi penasihat khusus Robert Mueller mengenai dugaan intervensi Rusia.
 
Saat ditanya di Gedung Putih mengenai apakah Trump akan mengingatkan Putin untuk tidak mengintervensi pemilu 2020, Trump mengecam wartawan yang mengajukan pertanyaan tersebut.
 
"Pertanyaan itu sangat tidak sopan. Kita tidak akan mendiskusikan hal tersebut," tegas Trump. "Bersahabat dengan banyak negara adalah hal yang baik, dan kita semua ingin menjalin hubungan baik dengan semua orang," ungkapnya.
 
Dalam laporan Mueller, disebutkan bahwa tidak ada indikasi antara Trump dengan Rusia terkait pemilu 2016. Trump juga tidak terbukti telah menghalang-halangi proses hukum investigasi dugaan intervensi tersebut.
 
Baca:Laporan Buktikan Trump Tak Terkait Konspirasi Rusia
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif