Gempa 6,9 SR Guncang Big Island Hawaii
Gunung Kilauea di Hawaii menyemburkan debu vulkanik. (Foto: Kevan Kamibayashi / US Geological Survey / AFP)
Puna: Selang satu jam usai guncangan kuat di Hawaii pada Jumat 4 Mei 2018, sebuah gempa bumi berkekuatan 6,9 Skala Richter mengguncang area Big Island. Gempa membuat orang-orang berlarian keluar ruangan, dan memicu kekhawatiran akan adanya erupsi baru dari Gunung Kilauea. 

Gempa ini merupakan yang terkuat di Hawaii sejak 1975. Menurut keterangan Badan Perlindungan Sipil Hawaii, guncangan memicu gelombang tsunami kecil di sekitar Big Island. 

Dr. Charles McCreery, Direktur Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, menjelaskan bahwa gelombang tsunami ini tidak berbahaya.


Namun ia menggarisbawahi pentingnya untuk tetap waspada karena erupsi Kilauea terus berlanjut.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS melaporkan, seperti dikutip Hawaiinewsnow, gempa terbaru terjadi sekitar pukul 12.30 waktu setempat, dan berpusat di selatan Kilauea dengan kedalaman lima kilometer.

Setelah gempa, sekitar 14 ribu warga kehilangan aliran listrik di Kaumana, Hilo dan Puna. 

Guncangan terbaru terjadi sekitar satu jam usai gempa 5,4 SR melanda Big Island pada pagi hari. Gempa tersebut diikuti erupsi kelima dari Kaliuea yang memuntahkan lava ke wilayah Leilani Estates. 

Pada 1924, Gunung Kilauea pernah memuntahkan abu sebanyak 9 ton yang berisi batu-batuan. Akibat bencana alam tersebut, seorang warga tewas.

 



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id