Api masih tampak terlihat di beberapa bagian hutan Amazon di Brasil. Foto: AFP.
Api masih tampak terlihat di beberapa bagian hutan Amazon di Brasil. Foto: AFP.

Brasil Kerahkan Tentara untuk Atasi Kebakaran Amazon

Internasional kebakaran hutan brasil
Fajar Nugraha • 24 Agustus 2019 06:05
Brasilia: Pemerintah Brasil berupaya keras untuk mengatasi kebakaran yang melanda hutan Amazon. Mereka pun akhirnya mengerahkan personel militer.
 
Sebelumnya Brasil dikecam berbagai pihak dalam cara mengatasi kebakaran ini. Para pemimpin Eropa pada Jumat 23 Agustus mengancam akan meruntuhkan kesepakatan perdagangan dengan Negeri Samba itu.
 
Baca juga: Menteri Brasil Dicemooh Terkait Kebakaran Hutan Amazon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kecaman itu mencerminkan meningkatnya kecemasan dan kemarahan internasional terhadap Brasil ketika rekor jumlah kebakaran di hutan hujan Amazon meningkatkan krisis lingkungan yang sedang berlangsung.
 
Presiden Brasil Jair Bolsonaro akhirnya memobilisasi tentara untuk membantu memerangi kobaran api, sekaligus meminimalisir kecaman dunia. Sementara pemerintahannya melancarkan serangan diplomatik ofensif untuk mencoba memperbaiki hubungan.
 
Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pihaknya "sangat prihatin" tentang kebakaran hutan, yang sekarang tampaknya akan dibahas pada pertemuan puncak para pemimpin G7 di Prancis akhir pekan ini. Kantor Presiden Prancis Emmanuel Macron bertindak lebih jauh dengan menuduh Bolsonaro berbohong ketika ia mengecilkan kekhawatiran atas perubahan iklim pada pertemuan puncak G20 pada Juni.
 
Prancis dan Irlandia mengatakan bahwa mereka sekarang akan menentang perjanjian pertanian Uni Eropa-Mercosur yang dicapai pada Juni antara Uni Eropa dan negara-negara Mercosur di Brasil, Argentina, Uruguay dan Paraguay.
 
"Tidak mungkin Irlandia akan memilih Perjanjian Perdagangan Bebas UE-Mercosur jika Brasil tidak menghormati komitmen lingkungannya," ujar Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar, seperti dikutip AFP, Sabtu, 24 Agustus 2019.
 
Kesepakatan EU-Mercosur membutuhkan waktu 20 tahun untuk bernegosiasi, tetapi tidak akan secara resmi diratifikasi untuk dua tahun ke depan.
 
Baca juga: PBB Serukan Perlindungan untuk Amazon.
 
Para pemimpin Bisnis Brasil juga memperingatkan reaksi atas catatan lingkungan Brasil dapat menenggelamkan upayanya untuk bergabung dengan Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), sebuah wadah yang berkantor pusat di 37 negara maju di Paris yang tuntutannya dibutuhkan oleh banyak investor institusi.
 
“Tersengat oleh kemarahan internasional, Bolsonaro menandatangani pada pengiriman tentara Brasil untuk memerangi api,” ucap Gubernur negara bagian Roraima Amazon, Antonio Denarium.
 
Kebakaran hutan Amazon di Brasil sudah meningkat 83 persen tahun ini. Pemerintah Brasil mengatakan api telah menghancurkan beberapa wilayah vitan di hutan yang menjadi paru-paru dunia itu.
 
Lembaga pemerintah, INPE mencatat 72,842 titik api terlihat dan menjadikannya angka tertinggi sejak 2013. Lebih dari 9.500 titik api terlihat dari satelit dalam beberapa pekan terakhir.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif