Ilustrasi sampah. (Foto: AFP).
Ilustrasi sampah. (Foto: AFP).

Kanada Tak Berniat Ambil Sampahnya Dari Malaysia

Internasional politik kanada
Marcheilla Ariesta • 14 Juni 2019 17:35
Toronto: Kanada tidak memiliki rencana untuk mengambil sampah plastik mereka yang saat ini berada di Malaysia. Pernyataan ini disampaikan juru bicara Kementerian Lingkungan Kanada Gabrielle Lamontagne.
 
"Tidak ada rencana bagi pemerintah Kanada untuk mengambil sampah di Malaysia," kata dia, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 14 Juni 2019.
 
Dia menambahkan Kanada tidak menerima informasi mengenai pengiriman limbah ke Malaysia. Lamontagne mengatakan kementerian telah menghubungi pemerintah Malaysia untuk perincian tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada akhir Mei, pemerintah Malaysia mengatakan akan mengirim kembali 3.000 ton sampah plastik ke 14 negara asal, termasuk Kanada, Amerika Serikat (AS), Jepang, Prancis, Australia, dan Inggris.
 
Meski demikian, tidak ada indikasi berapa banyak sampah plastik yang berasal dari Kanada.
 
Limbah asing muncul sebagai penyebab gesekan diplomatik dalam beberapa bulan terakhir di Asia Tenggara. Filipina menarik para anggotanya ke Kanada pada Mei lalu atas pembuangan limbah rumah tangga secara ilegal dari Ottawa.
 
Pemerintah Kanada kini telah mencapai kesepakatan dengan Manila untuk mengambil kembali limbah rumah tangga mereka. Diharapkan pengambilan kembali akan berakhir pada akhir Juni ini.
 
Awal pekan ini, Kanada mengumumkan rencana melarang beberapa plastik sekali pakai, seperti sedotan, tas dan peralatan makan pada awal 2021. Pelarangan ini guna mengurangi limbah yang tidak dapat didaur ulang dan melindungi lautan dunia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif