Arie Kriting (Foto: instagram)
Arie Kriting (Foto: instagram)

Nagita Slavina Jadi Duta PON XX Papua, Arie Kriting Mengkritik

Sunnaholomi Halakrispen • 02 Juni 2021 19:54
Jakarta: Aktris Nagita Slavina dikabarkan menjadi Duta PON XX Papua. Sebelum kabar itu beredar luas, komika Arie Kriting mengungkapkan bahwa sejak awal dirinya merasa ada kejanggalan dengan keputusan tersebut.
 
"Sebenarnya sudah sejak awal saya merasa ada yang janggal dengan hal ini, tetapi saya menunggu tanggapan dari saudara-saudari asli Papua terkait dengan hal ini," tulis Arie Kriting di Instagramnya.
 
Ia menyatakan, penunjukkan Nagita Slavina sebagai Duta PON XX Papua dapat mendorong terjadinya apropriasi budaya (cultural appropriation). Dalam hal ini, seolah-olah Perempuan Papua tidak di-representasikan dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seharusnya sosok perempuan Papua, direpresentasikan langsung oleh perempuan Papua. Tapi kita juga menyadari bahwa kapabilitas Kak Nagita dalam membawa misi sosialisasi untuk PON XX Papua ini sangat dibutuhkan," tutur Arie.
 
"Solusi dari saya, Duta PON XX Papua harus tetap perempuan Papua. Angkat lagi salah satu sosok perempuan Papua, @mikhelia atau @nereputri atau siapa yang dirasa memadai. Tokoh Perempuan Papua ini bisa mendampingi kaka Boaz Solossa sebagai Duta PON XX Papua," tambahnya.
 
Selain itu, kata Arie, ada posisi lain yang lebih tepat jika tetap ingin mengikutsertakan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Mereka dapat diposisikan sebagai sahabat Duta PON XX Papua.
 
Sebab baginya, jelas ada kekuatan dari pasangan selebritas itu untuk mendorong sosialisasi PON XX Papua, yang tentu sangat dibutuhkan.
 
Kehadiran sosok Perempuan Papua sebagai Duta PON XX Papua, tentu akan menghindarkan terjadinya cultural appropriation dan menjadi sinyal baik bagi pengakuan kita atas keberagaman Indonesia.
 
"Pada akhirnya nanti kesuksesan PON Papua tidak hanya tercapai secara pelaksanaan event, tetapi juga sukses menjadi perekat kesatuan bangsa. Mari kita tunjukkan dan banggakan keberagaman kita sebagai Bangsa Indonesia. Salam sayang untuk semua," pungkas Arie.
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif