Widyawati. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Widyawati. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Ade Irawan Meninggal, Widyawati Kehilangan Sosok 'Ibu'

Hiburan Ade Irawan Meninggal
Cecylia Rura • 17 Januari 2020 23:31
Jakarta: Aktris senior Widyawati turut menyambangi rumah duka almarhumah Ade Irawan, Jumat, 17 Januari 2020 di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Widyawati mengenang sosok Ade sebagai pribadi yang luar biasa.
 
"Mbak Ade luar biasa orang yang sangat peduli di mana beberapa kali jadi anak beliau di film. Jadi saya sama keluarga ini dekat banget, kehilangan," kata Widyawati.
 
Ade Irawan pernah bermain dalam film Jinak Jinak Merpati (1975) bersama Widyawati dan Sophan Sophiaan. Film ini juga disutradarai Sophan Sophiaan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beliau jadi ibunya Almarhum, jadi ibunya Sophan Sophiaan justru. Terus beberapa film saya jadi anaknya," ungkapnya.
 
Widyawati juga mengenang saat syuting bersama, Ade Irawan memiliki karakteristik yang kuat dan disiplin. "Mba Ade itu orang yang (...) buat saya sangat luar biasa kalau kita syuting dan disiplinnya sangat luar biasa. Orangnya menenangkan sekali," lanjutnya.
 
Selain dikenal disiplin, sosok Ade dinilai sebagai pribadi yang dapat memberikan ketenangan. "Orangnya menenangkan. Bicaranya juga apa yang diobrolin, luar biasa buat saya," kenangnya.
 
Pertemuan terakhir Widyawati dan Ade Irawan saat menyambangi kepulangan Ria Irawan, Senin, 6 Januari 2020. Ade Irawan meninggal 11 hari setelah putrinya, Ria Irawan berpulang. Ade meninggal karena komplikasi jantung dan paru-paru. Menurut Abi, putranya, kondisi fisik terakhir Ade Irawan melemah dan tak kuat menanggung sakit.
 
Ade Irawan dikenal sebagai aktris senior berdarah Minang yang menggeluti dunia seni peran sejak 1960-an. Ade Irawan adalah istri dari Bambang Irawan, seorang aktor dan sutradara Indonesia. Mereka dikaruniai lima anak yakni Bambang Ari Satrya, Bambang Widya Permadi Irawan, Dewi Irawan, Ria Irawan, dan Shinta Safitri Dewi.
 
Jenazah Ade Irawan dimakamkan Sabtu, 18 Januari 2020 di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan. Ade Irawan meninggal dalam usia 82 tahun.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif