Didik Nini Thowok (Foto: dok. metrotv)
Didik Nini Thowok (Foto: dok. metrotv)

Makna Ritual Tari Topeng Didik Nini Thowok

Hiburan Didik Nini Thowok penari The Legend
Medcom • 26 November 2021 23:00
Jakarta: Menekuni seni tari topeng tradisional membuat Didik Nini Thowok mempelajari setiap topeng yang digunakannya. Ia pun kerap melakukan ritual untuk beberapa topengnya sebelum tampil di atas panggung.
 
Menurutnya tari topeng tradisional memang ada beberapa yang memiliki ritualnya sendiri. Hal ini dikarenakan tarian tersebut merupakan bagian dari upacara ritual baik agama maupun tradisi adat yang digunakan oleh leluhur kita.
 
"Topeng-topeng itu kan memang ada isinya, ada energinya begitu ya. Saya belajar menari topeng tari kesenian di nusantara ini kebanyakan ada ritualnya,” kata Didik dalam tayangan The Legend di Metro TV, Jumat, 26 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Didik mengaku melakukan ritual untuk beberapa topeng yang akan dipakainya demi mendalami karakter topeng tersebut. Tetapi ritual itu juga didasari dengan doa kepada Tuhan agar penampilannya dapat berjalan lancar.
 
“Kalau saya iya, topeng-topeng tertentu memang ada ritualnya. Karena saya harus masuk ke karakter itu, jadi saya harus mengubah saya menjadi karakter topeng itu,” kata Didik.
 
“Tapi saya selalu melakukan sesuatu pasti didasari dengan doa, doa itu penting. Saya rasa tidak hanya untuk menari, dalam kehidupan kita pun segala sesuatu kalo kita awali dengan doa pasti insyaallah akan berjalan lancar dan tidak ada halangan apapun,” lanjutnya.
 
Selain itu, koleksi topeng Didik pun sangat beragam mulai dari topeng tradisional, modern, lokal, atau bahkan internasional seperti dari Jepang, India, Italia, dan lainnya. Topeng-topeng milik Didik itu diketahui berjumlah lebih 350 buah.
 
(Aulya Syifa)
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif