Iklan Tokopedia dengan bintang BTS
Iklan Tokopedia dengan bintang BTS

Klarifikasi Tokopedia tentang Tuduhan Iklan BTS Mengandung LGBT

Hiburan BTS
Cecylia Rura • 10 Januari 2020 15:01
Jakarta: Iklan e-commerce Tokopedia dengan boyband asal Korea Selatan BTS dinilai bermuatan konten kompanye lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Hal itu disampaikan oleh Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia (Laksi) tanpa menyebutkan konten apa yang bermuatan LGBT.
 
Pihak Laksi berharap Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menurunkan iklan tersebut dari media massa. Hal ini menuai kritik dan kecaman dari sejumlah ARMY yang meramaikan lini massa media sosial.
 
"Coba dong Laksi, saya mau tau di bagian mananya ya dalam iklan tersebut ada bagian LGBT nya? Coba dong sebutkan setidaknya 3 saja alasan yang masuk di akal untuk iklan 'belanja? Tokopedia saja'. Jangan hanya minta ditarik dan main cap LGBT aja, bukti konkret harus ada," tulis akun @naagustfn.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apakah iklan Tokopedia melanggar etika periklanan? Sementara mereka tidak menunjukkan bagian tubuh tertentu, kata2 kasar/porno/etis tertentu, pun juga ga ada lambang ato simbol tertentu yang mengarah pada LGBT. Apakah Laksi sebodoh itu mengasumsikan iklan tokopedia berbau lgbt?" tulis akun @gopayy_.
 
"Orang Indonesia ga maju ya begitu. Dari mana unsur lgbt nya mas2 laksi? Sedangkan di video hanya joget2 dan bilang 'belanja? Tokopedia saja' Apa yg salah disini yg lgbt? Yg harusnya ditarik itu acara2 setinggan gajelas ga mendidik. Makasih warga Indonesia makin keliatan bodohnya," tulis akun @justmikrokosmos.
 
Pernyataan Laksi beredar di lini massa dari pemberitaan sejumlah media. Pihak Tokopedia mengklarifikasi penilaian LKsi dalam keterangan resmi.
 
"Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia yang menghargai keberagaman pandangan setiap masyarakat Indonesia, namun sebagai institusi, Tokopedia tidak berpihak kepada pandangan tertentu," kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak dalam rilis resmi kepada Medcom.id, Jumat, 10 Januari 2020.
 
"Perjalanan dan visi BTS, bersama dengan pesan-pesan yang secara konsisten mereka sampaikan, yaitu kerja keras untuk mewujudkan mimpi, anti-perundungan dan pesan positif lainnya, selaras dengan semangat Tokopedia."
 
"Kami juga sangat mengapresiasi komitmen kuat mereka dalam melakukan inovasi sehingga BTS adalah mitra yang tepat untuk menyampaikan pesan Tokopedia kepada seluruh dunia," tutup pernyataan tersebut.
 
Tokopedia menggandeng BTS sebagai ikon untuk iklan sejak Oktober 2019. Iklan tersebut dapat disaksikan di bioskop sebelum pemutaran film dimulai.
 
Upaya boikot iklan pernah dialami Blackpink saat tampil mempromosikan e-commerce Shopee pada Desember 2018. Saat itu muncul petisi dari Maimon Herawati agar KPI menurunkan iklan Shoppe bersama Blackpink di 11 stasiun televisi. Peristiwa tersebut memunculkan petisi lain seperti Menolak Pemboikotan Iklan Shopee Blackpink dan Usir Maimon Herawati dari Indonesia.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif