Aliando Syarief (Foto: MI/Permana)
Aliando Syarief (Foto: MI/Permana)

Lama Tak Terlihat, Aliando Syarief Mengaku Idap OCD Ekstrem

Agustinus Shindu Alpito • 27 Januari 2022 23:01
Jakarta: Salah satu aktor top yang sempat mewarnai dunia pertelevisian Indonesia, Aliando Syarief, beberapa tahun terakhir jarang muncul di televisi. 
 
Melalui fitur Instagram Live, Aliando menginformasikan alasannya tak terlalu aktif di industri hiburan. Dia mengaku didiagnosa mengindap OCD (Obsessive Compulsive Disorder) ekstrem.
 
"Baru aja dapat musibah terkena gangguan obsessive compulsive disorder yang cukup mengganggu jadi harus diam," kata Aliando dalam Instagram Live, Kamis, 27 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


OCD merupakan gangguan mental yang membuat penderitanya memiliki dorongan berlebih untuk mengulang tindakan. Apabila hal itu tidak dilakukan, maka pengidap OCD merasa cemas dan takut berlebihan.
 
OCD ekstrem yang dialami Aliando membuat aktivitasnya terganggu. Dirinya yang sempat merencanakan merilis lagu pun terpaksa batal karena tiap kali rekaman dirinya punya dorongan untuk selalu mengulang, merasa selalu ada yang kurang.
 
"Gue untuk gerak aja kemarin itu enggak bisa, kenapa? Separah itu untuk satu kali langkah. Jadi ini ekstrem OCD. Kalau OCD normal yang gue tahu karena teman gue juga pernah, OCD itu setau gue mereka kalau cuma lihat misalkan buku enggak rapi, kebuka sedikit enggak enak ditutup lagi. Ini (OCD yang dialaminya) bukan itu aja, sampai mandi pun, lu bayangin gue harus hitungin rambut, kacau gitu loh," lanjut Aliando.
 
Masih dalam tayangan Instagram Live yang dibuatnya, dia juga mengaku bahwa dirinya sempat mengalami gangguan OCD sewaktu kelas 2 SD. Tetapi, hal itu kembali muncul saat dirinya berusia 25 tahun dan semakin parah.
 
Aliando juga memberi contoh salah satu perilakunya yang mengindikasikan dirinya OCD akut, yaitu menata kulit kuaci dengan tidak saling bersentuhan. Dirinya juga punya kesulitan dalam membuang sampah, melihat hal-hal yang menurutnya tidak bersih dan tidak tertata rapi.
 
"Gue mau buang sampah enggak bisa karena kalau gue mau berusaha bersih mungkin karena usahanya itu ya, jadi pas gue mau buang sampah itu wah langsung ada delusi, bukan imajinasi lagi ya udah delusi," katanya.
 
Kini, Aliando tengah menjalani terapi untuk mengatasi gangguan OCD yang diidapnya. 
 
 
 
(ASA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif