Eddie Riwanto dalam sinetron Cinta Suci (SinemArt-SCTV)
Eddie Riwanto dalam sinetron Cinta Suci (SinemArt-SCTV)

Aktor Sinetron Cinta Suci, Eddie Riwanto Meninggal di Lokasi Syuting

Hiburan Artis Meninggal
Purba Wirastama • 30 April 2019 16:40
Jakarta: Eddie Riwanto, aktor senior yang aktif bermain sinetron sejak satu dekade terakhir, meninggal dalam usia 63 tahun di Jakarta pada Senin sore, 29 April 2019. Eddie menghembuskan nafas terakhir ketika sedang berada di lokasi syuting sinetron Cinta Suci produksi SinemArt di kawasan Cibubur.
 
Lewat media sosial, pihak SinemArt membagikan kabar duka kematian Eddie dan ucapan belasungkawa.
 
"Inalillahi Wa innailaihi Roji'un," tulis akun @cintasuci.sinemart dalam postingan foto di Instagram. Tampak foto Eddie disertai teks ucapan belasungkawa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kabar duka datang dari keluarga Cinta Suci Sinemart SCTV, yaitu bapak Saipul (nama peran dalam Cinta Suci) alias Haji Eddie Riwanto. Semoga amal dan ibadahnya diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Husnul khatimah, amin," tulis pihak SinemArt.
 
Eddie adalah pria kelahiran Lampung, 29 Desember 1955. Menurut catatan Katalog Film Indonesia, Eddie menekuni dunia akting dengan kuliah di Jurusan Teater Institut Seni Jakarta. Film bioskop debutnya adalah Kemilau Kemuning Senja (1980) ketika dia berusia 18 tahun.
 
Hingga 11 tahun berikutnya, dia bermain dalam belasan judul film panjang. Beberapa judul di antaranya Bercinta dalam Badai (1984), Sumpah Keramat - Sumpah Pocong Lintang dan Bayu (1988), dan Perawan Metropolitan (1991).
 
Sejak 1990-an hingga sekarang, Eddie banting setir ke pertunjukan serial televisi atau sinetron. Kebanyakan adalah peran pendukung. Beberapa judul sinetron yang ikut dimainkan Eddie antara lain Rahasia Pelangi, Kau Seputih Melati, Gali Lobang Tutup Lobang, serta yang terakhir Cinta Suci produksi SinemArt sejak 2018.
 
Dalam Cinta Suci, Eddie memerankan tokoh bernama Saipul, suami tokoh bernama Saras dan orangtua Aditya dan Lestari. Saipul tidak selalu muncul di setiap episode.
 
Eddie juga aktif di asosiasi artis film semasa hidup. Terakhir kali, dia menjabat Wakil Ketua Umum II untuk Ketua Umum Andrianus Dedy Dermawan, dalam kepengurusan Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) 2016-2021.
 
Eddie dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Kampung Rawa Sapi, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Selasa siang, 30 April 2019.
 


 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif