Maudy Ayunda (Foto: MI/Sumaryanto Bronto)
Maudy Ayunda (Foto: MI/Sumaryanto Bronto)

Cara Maudy Ayunda dan Menlu Retno Marsudi Hidupkan Spirit Kartini

Hiburan Hari Kartini maudy ayunda menlu retno lp marsudi
Sunnaholomi Halakrispen • 21 April 2021 13:04
Jakarta: Raden Ajeng Kartini adalah pahlawan nasional perempuan Indonesia. Ia berhasil memperjuangkan cita-citanya. Melirik hal tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan ada cara jitu yang dilakukan Kartini, yang selanjutnya bisa anak muda terapkan.
 
Menurutnya, kata kuncinya ialah tekad yang dibentuk oleh diri sendiri. Sebab, pada saat mulai tumbuh kembang menjadi remaja, kita akan memandu perjalanan kita yang selanjutnya menentukan kita ingin maju menjadi apa ke depannya.
 
Retno menekankan bahwa pembahasan ini berlaku tidak hanya untuk perempuan. Hal tersebut pun selalu diingatnya ketika berbincang dengan anak-anaknya, yang adalah laki-laki. Saat kedua anaknya mulai bisa diajak berbicara, Retno menanyakan anak-anaknya ingin menjadi apa. Kemudian, ia menjelaskan bahwa cita-cita itu seperti membangun rumah, alias tidak dapat diraih dengan instan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya selalu katakan, masa depanmu itu bukan kamu bisa bergantung pada orang tua. Kita hanya kasih panduan dan kamu harus invest untuk mengejar mimpi tersebut. Itulah yang bisa diambil oleh teman-teman yang lebih muda. Jadi aku mau jadi apa. Kalau istilahnya Kartini ada dua kata, yaitu aku mau," ujar Retno dalam Instagram live bersama aktris Maudy Ayunda, Rabu, 21 April 2021.
 
"Aku mau" itu yang menjadi target anak muda. Bagi Retno, dari titik itu lah anak muda bekerja keras untuk mencapainya. Sebab, jika tidak ada sesuatu yang ingin dituju, berdampak pada masa depan yang akan dijalani para kaum milenial.
 
"Aku khawatirnya, di tengah semua ke-modern-an ini teman-teman bisa ke kanan, ke kiri, terombang ambing tidak jelas. Tapi kalau kita mempunyai sebuah cita-cita, inshaallah walaupun agak kiri sedikit nanti bisa masuk lagi ke tengah. Atau ketika agak kanan sedikit, masuk ke tengah. Berhenti sebentar tidak apa-apa, maju lagi. Karena semua hidup kan tidak semulus yang kita inginkan," papar Retno.
 
"Yang aku tangkap, kita sebagai anak muda dalam proses mengidentifikasi apa yang kita inginkan dan perjuangkan impian itu saja sudah bentuk menghidupkan soul-nya ibu Kartini," tambah Maudy.
 
(ASA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif