Siwon (Foto: Twitter)
Siwon (Foto: Twitter)

Twitter Siwon Choi Diduga Dipegang Admin asal Indonesia

Hiburan Choi Siwon
Cecylia Rura • 03 Juni 2020 19:48
Jakarta: Aktor Korea Selatan sekaligus personel Super Junior Siwon Choi belakangan begitu aktif bercuit di Twitter menggunakan bahasa Indonesia. Diduga, saat itu akun Twitter Siwon dipegang admin asal Indonesia. Hal itu diyakini pengamat budaya Korea Selatan sekaligus Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Korea Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Ashanti Widyana.
 
"Siwon sebagai orang Korea yang kemudian sangat terkenal, sekarang ini rata-rata tweet memakai bahasa Indonesia, saya yakin itu bukan dia nge-tweet secara langsung dalam bahasa Indonesia," kata Ashanti Widyana saat berbincang dengan Medcom.id, Rabu 3 Juni 2020.
 
Ashanti melanjutkan, penuturan bahasa Korea akun Twitter Siwon tak seluwes orang Korea Selatan umumnya yang baru memelajari bahasa Indonesia. Dia meyakini pemegang akun Twitter Siwon saat itu dipegang staf yang berasal dari Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dia (di Twitter) lumayan bagus dan pick-up lines yang dipakai ketika di Twitter itu bukan seperti orang Korea yang sudah belajar bahasa Indonesia baru, pasti dia punya admin-nya," lanjut Ashanti.
 
Ada dua hal yang diyakini Ashanti dalam cuitan berbahasa Indonesia dari akun Twitter Siwon Choi. Pertama, Siwon tengah menjadi brand ambassador produk asal Indonesia sehingga melakukan engagement dengan bahasa Indonesia.
 
Kedua, rasa ketertarikan lebih terhadap Indonesia. "Tapi, saya rasa tidak bisa dipisahkan dari strategi agensinya, SM Entertainment yang memang sekarang lagi gencar-gencarnya masuk ke pasar Indonesia," terang Ashanti.
 
Twitter Siwon Choi Diduga Dipegang Admin asal Indonesia
 
Cuitan Siwon berbahasa Indonesia mendapat sambutan baik dari pengguna Twitter dan sempat masuk dalam daftar trending harian Twitter di Indonesia. Sambutan masif ini membuat akun Twitter Siwon ketagihan berbahasa Indonesia.
 
"Saya kalau melihat orang Indonesia ketika ada orang luar negeri entah Korea atau Barat yang kemudian menbahasa Indonesia, padahal cuma bicara sedikit tentang Indonesia, mungkin mereka juga melihat reaksi orang Indonesia besar itu seperti memberi sinyal bahwa orang Indonesia sangat senang kalau ada orang asing yang membahas tentang Indonesia," kata Ashanti.
 
Apa yang terjadi pada cuitan berbahasa Indonesia Siwon Choi dinilai tak lepas dari strategi agensi yang menaunginya. SM Entertainment resmi membuka kantor di Indonesia tepatnya FX Sudirman pada 2019.
 
"Saya rasa itu memang bisa dibilang berkat reaksi, antusiasme orang Indonesia juga, Siwon dan artis-artis SM Entertainment kemudian banyak membuat konten dalam bahasa Indonesia," kata Ashanti.
 
Jika membandingkan cuitan Siwon berbahasa Inggris, Korea, dan Indonesia, tampak apresiasi retweet dan love yang diberikan pengguna Twitter lebih banyak ketika Siwon mengeluarkan tweet berbahasa Indonesia. Hal ini pun tak lepas dari popularitas Siwon bersama Super Junior yang sejak awal 2000-an menjadi idola di Indonesia.
 
Siwon Choi sempat disebut dekat dengan penyanyi Indonesia Agnez Mo sekitar tahun 2012. Ditelusuri melalui jejak digital di Twitter, Siwon Choi menyapa Agnez Mo sejak 2011. Saat itu, Siwon Choi menggunakan bahasa Inggris.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif