Anji Beri Komentar Soal Edy Rahmayadi
Anji (Foto: Media Indonesia/Immanuel Antonius)
Jakarta: Potongan video wawancara Edy Rahmayadi, Gubernur Sumatera Utara dan Ketua PSSI, belakangan viral dan kontroversial. Penyanyi dan penulis lagu Anji ikut menanggapi dan menyebut Edy sebagai pejabat publik yang angkuh. 

"Dear Bapak Gubernur/Ketua PSSI, Anda angkuh sekali," tulis Anji (@duniamanji) di postingan video Instagram, Selasa, 25 September 2018.

Anji mengunggah potongan video wawancara yang dimaksud. Dalam video 30 detik ini, Aiman Witjaksono dari Kompas TV memberi pertanyaan terakhir kepada Edy, apakah tanggung jawab barunya sebagai Gubernur terganggu oleh jabatan sebagai Ketua PSSI. Edy justru bertanya balik dan menyebut Aiman tidak berhak menanyakan urusan tersebut kepadanya.


"Kalau tidak, tentu Anda tinggal menjawab. Ini pertanyaan sederhana sesungguhnya, Pak Edy." 

"Bukan hak Anda juga bertanya kepada saya."

Dalam keterangan postingan video, Anji menyebut bahwa pejabat publik seharusnya memiliki tanggung jawab publik dan publik berhak untuk mendapatkan informasi mengenai kinerja sang pejabat. Apalagi, pejabat sudah bisa membuka akses informasi dan diskusi lewat media sosial. 

"Jika kemudian ada pertanyaan tentang hal yang berhubungan dengan kinerja, tentunya sah saja," tulis Anji.

Anji berharap Edy bisa melontarkan jawaban lain yang lebih berbesar hati dan enak didengar. Dia memaklumi bahwa jabatan ganda, apalagi mengurus dua hal besar bersamaan, memang repot. 

Di sisi lain, Anji tidak sepakat dengan pendapat orang-orang yang menyalahkan Edy atas kasus tewasnya suporter Jakmania di Bandung pada Minggu, 23 September. Dia sepakat bahwa Edy, sebagai Ketua PSSI, harus lebih keras dalam menekan tindakan anarkis sebagian suporter sepak bola Indonessia. 

"Hal ini sudah berlangsung bertahun-tahun. Sebagai Ketua PSSI, Anda punya kemampuan besar untuk mengubah mental mereka. Ajari mereka, Pak," tulis Anji. 

Anji, bernama lengkap Erdian Anji Prihartanto, adalah musisi kelahiran Jakarta 1979. Dia sempat menjadi vokalis grup musik Drive selama tujuh tahun sejak 2004, sebelum memulai karier solo. Sebagai penyanyi solo, dia telah merilis dua album studio pada 2013 dan 2014. Singel terbaru adalah Indonesia Berpesta, yang menjadi bagian dari album lagu Asian Games 2018.

View this post on Instagram

• [video] DEAR BAPAK GUBERNUR/KETUA PSSI, Anda angkuh sekali. . Menjadi Pejabat publik, artinya Anda memiliki tanggung jawab pada publik. Jika kemudian ada pertanyaan tentang hal yang berhubungan dengan kinerja, tentunya sah saja. Bahkan Pejabat di era digital ini membuka akses khusus melalui media sosial untuk bertanya dan diskusi. . Jika Anda menjawab dengan bahasa lain, misalnya “Saya baru saja dilantik menjadi Gubernur, jadi belum bisa mengalami kerepotan mengurus 2 hal besar bersamaan. Jika nanti merasa kerepotan, dengan besar hati saya akan lepaskan salah satunya,” mungkin akan lebih menyenangkan didengarnya. . Berlebihan jika orang menyalahkan Insiden Jakmania adalah kesalahan Anda seorang. Tapi saya setuju, jika Anda harus berusaha lebih keras mengajarkan penggemar Sepakbola di Indonesia supaya lebih lunak perangainya apalagi yang mengarah pada tindakan anarkis. Karena hal ini sudah berlangsung bertahun-tahun. Sebagai Ketua PSSI, Anda punya kemampuan besar untuk mengubah mental mereka. Ajari mereka, Pak. . Ini kritik dari saya sebagai salah satu Masyarakat Indonesia yang suka jika mental suporter olahraga di Indonesia membaik. Jangan sampai kejadian rusaknya GBK menjelang pelaksanaan Asian Games, atau insiden yang sampai mengakibatkan kematian, terjadi lagi. . Terima kasih, Bapak @edy_rahmayadi .

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on



 



(ASA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id