Jeon Mi Seon (Foto: via allkpop)
Jeon Mi Seon (Foto: via allkpop)

Sebelum Cha In Ha, 4 Artis Korea Selatan Diberitakan Bunuh Diri

Hiburan k-pop korea
Cecylia Rura • 04 Desember 2019 14:13
Jakarta: Kabar duka tampak menyelimuti dunia hiburan Korea sejak pertengahan tahun ini. Tercatat sudah lima artis K-Pop meninggal dunia setelah diduga melakukan aksi bunuh diri.
 
Penyebab kematian Cha In Ha sendiri belum diketahui pasti. Pihak keluarga pun tak ingin jenazahnya dilakukan autopsi.
 
Cha In Ha ditemukan tak bernyawa di kediamannya, Selasa, 3 Desember 2019 waktu setempat. Aktor sekaligus penyanyi yang baru dua tahun memulai debut kariernya di industri hiburan itu meninggal dalam usai 27 tahun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bunuh diri menjadi persoalan serius bagi industri hiburan. Belakangan, industri hiburan K-Pop disorot setelah sejumlah artis dikabarkan menghabisi nyawa mereka sendiri. Sebelum Cha In Ha, berikut empat selebritas Korea Selatan yang meninggal dunia.
 
1. Jeon Mi Seon
 
Bintang Korea Jeon Mi Seon ditemukan tewas di kamar hotel kawasan Gosa-dong, Jeonju, Sabtu, 29 Juni 2019 sekitar pukul 11 siang waktu setempat. Penyebab kematian Jeon Mi Seon diduga bunuh diri.
 
Dalam laporan Business Times, merujuk berita Naver, hasil pantauan polisi melalui CCTV Jeon Mi Seon masuk ke kamar hotel seorang diri setelah melakukan check in sekitar pukul 01.00 dini hari. Setelahnya, tak ada tanda-tanda orang masuk atau surat wasiat yang ditemukan.
 
Sebelum meninggal, pihak agensi Boas Entertainment menyatakan Jeon Mi Seon sempat menjalani pengobatan untuk menyembuhkan depresi. Jeon Mi Seon berkunjung ke Jeonju untuk kepentingan pertunjukan 2 Nights and 3 Days with Mother yang diadakan 29 Juni 2019 pukul 14.00 dan 19.00. Jeon Mi Seon seharusnya berpartisipasi dalam jadwal kedua.
 
Jeon Mi Seon sempat membintangi sejumlah film dan serial. Dia sempat tampil dalam film Wedding Dress memerankan Ji-Hye. Dia juga membintangi The King's Letters yang tayang di Korea Selatan pada 24 Juli 2019. Jeon Mi Seon meninggal dalam usia 50 tahun.
 
2. Woo Hye Mi
 
Berjarak dua bulan setelah kepergian Jeon Mi Seon, bintang K-Pop Woo Hye Mi diberitakan meninggal dunia, Sabtu, 21 September 2019. Dalam laporan Koreaboo, jenazah artis naungan Downtown ENM itu ditemukan di kediamannya, Seoul Mapo-gu, Magwon-dong.
 
Pihak agensi menyatakan, sebelum berpulang Woo Hye Mi absen dalam rapat untuk video musik singel terbarunya. Dia pun tak bisa dihubungi.
 
Kabar penyebab kematian Woo Hye Mi pun tak dirinci hingga saat ini. Jenazah telah dimakamkan secara tertutup sesuai permintaan keluarga di Sunsim Hospital, Gangdong, Seoul.
Woo Hye Mi berangkat sebagai penyanyi lewat Mnet Voice Korea. Namanya mulai dikenal setelah masuk dalam daftar Top 4. Album mini perdana Woo Hye Mi berjudul s.s.t. dirilis pada Juli 2019. Woo Hye Mi meninggal dalam usia 31 tahun.
 
3. Sulli eks f(x)
 
Mantan anggota grup f(x), Sulli ditemukan tewas di Seongnam, Gyeonggi, Senin, 14 Oktober 2019. Jenazah Sulli ditemukan sang manajer di rumah lantai dua sekitar Senin siang. Manajer Sulli mengunjungi kediaman artisnya setelah tak ada respons saat dihubungi pada Minggu sore.
Pihak kepolisian merilis pernyataan, pemilik nama Choi Jin Ri itu tinggal seorang diri. Dia diduga bunuh diri. Dalam rekam jejaknya, Sulli sempat vakum di industri hiburan pada 2014 untuk menghadapi komentar yang menyudutkannya di media sosial. Setahun setelahnya, Sulli kembali dan fokus berakting. Sulli meninggal dalam usia 25 tahun.
 
4. Goo Hara
 
Personel grup KARA, Goo Hara meninggal dunia sebulan setelah kepergian sahabatnya, Sulli eks f(x). Goo Hara ditemukan tak bernyawa di kediamannya. Pihak Departemen Kepolisian Gangnam menerima laporan tersebut pada 24 November 2019 sekitar pukul 18.00 waktu setempat.
 
Jenazah Goo Hara tak dilakukan autopsi lantaran pihak kepolisian mengumpulkan bukti dari rekaman CCTV, pengumpulan informasi dari pihak keluarga, saksi, serta barang bukti di lokasi kejadian.
 
Penyebab kematian Goo Hara diduga karena bunuh diri. Pemakaman digelar secara tertutup oleh pihak keluarga di Yonsei Severance Hospital Funeral Hall. Penggemar dan Pewarta diberi kesempatan memberikan penghormatan terakhir pada 25-27 November di Hall 1 St. Mary's Funeral Hall, Gangnam Strict pukul 15.00 waktu setempat.
 
Pada Mei lalu, Goo Hara sempat berniat bunuh diri karena mantan kekasih mengancam akan menyebarkan video seks mereka. Goo Hara sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit setelah kejadian itu. Goo Hara meninggal dalam usia 28 tahun.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif