Arie Kriting dan Indah Permatasari (Foto: imagenic)
Arie Kriting dan Indah Permatasari (Foto: imagenic)

Pernikahan Arie Kriting dan Indah Sah meski Tak Dihadiri Orangtua, Ini Alasannya

Hiburan indah permatasari Arie Kriting
Elang Riki Yanuar • 13 Januari 2021 19:56
Jakarta: Nursyah, Ibunda Indah Permatasari mempertanyakan keabsahan pernikahan anaknya dengan Arie Kriting. Pasalnya, Nursyah dan suaminya tidak hadir dalam pernikahan Indah dan Arie.
 
Namun, fakta baru terungkap. Ternyata sebelum resmi menikah pada 12 Januari 2021, Indah Permatasari bersama ayahnya pernah datang meminta surat pengantar nikah dan taukil wali ke ketua RT tempat mereka tinggal di Sawangan.
 
"Saya buatkan surat pengantar dan surat rekomendasi KUA Sawangan, surat taukil wali di KUA Sawangan," kata Resdi selaku Ketua RT tempat Indah tinggal di Sawangan, Depok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Resdi, surat taukil wali yang dibuat merujuk pada Peraturan Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2019 tepatnya Pasal 12 ayat 5 yang berbunyi: Dalam hal wali tidak hadir pada saat akad nikah, wali membuat surat taukil wali di hadapan Kepala KUA Kecamatan/Penghulu/PPN LN sesuai dengan domisili/keberadaan wali dan disaksikan oleh 2 (dua) orang saksi.
 
Karena itu, Resdi berpendapat pernikahan Arie dan Indah tetap sah karena ayah Indah sendiri yang membuat surat taukil wali.
 
"Jadi yang wali nikahnya dari KUA Setiabudi. Bukan dari pihak keluarga Indah. Tetap sah, karena sudah ada surat taukil wali karena Pak Nasrudin (Ayah Indah) tak bisa hadir," jelas Resdi.
 
Pernyataan Resdi juga dibenarkan oleh Kepala KUA Setiabudi, Nasrullah. Sesuai surat taukil wali yang dibuat ayah Indah, Nasrullah kemudian menjadi wali dalam pernikahan Arie dan Indah yang digelar di wilayahnya.
 
"Benar terdaftar pernikahan atas nama Satriaddin (nama asli Arie Kriting). Ayahnya berwakil, diketahui KUA Sawangan tempat tinggalnya, berwakil ke KUA Setiabudi. Berarti saya walinya sesuai dengan surat yang dibuat bapaknya," ungkap Nasrullah saat dihubungi Rabu (13/1/2021).
 
Ibunda Indah sebelumnya menyebut keluarganya tidak menghadiri pernikahan anaknya karena belum memberikan restu. Ayah Indah berada di rumah saat anaknya menikah. Hanya adik Indah yang datang ke pernikahan kakaknya.
 
"Walau ibu Indah enggak setuju yang berhak ya bapaknya. Kalau saksi di KUA Sawangan sana, ya artinya sah," tutup Resdi.
 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif