Soraya Haque (Foto: instagram)
Soraya Haque (Foto: instagram)

Diisukan Pindah Agama Sekeluarga, Ini Klarifikasi Soraya Haque

Hiburan selebritas Soraya Haque
Elang Riki Yanuar • 19 April 2022 08:00
Jakarta: Artis senior Soraya Haque kembali diterpa isu pindah agama. Kali ini disebabkan unggahan Soraya di media sosial yang menampilkan salib Yesus.
 
Dalam unggahan itu Soraya menuliskan keterangan foto dengan mengutip ayat Alquran. Alhasil, saudara kandung Marissa Haque itu membuat pengikutnya penasaran.
 
Sebelumnya Soraya pernah diisukan berpindah keyakinan ketika muncul di video YouTube Channel Christian Songs. Dalam video itu, Soraya bersama suami dan anak-anaknya dinarasikan sudah berpindah ke nasrani. Mereka terlihat antusias mempersiapkan momen Natal. Mulai dari menghias pohon Natal hingga menaruh kado-kado di pohon tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Soraya Haque memberikan penjelasan terhadap video itu. Menurut Soraya, video itu merupakan bentuk toleransi dia bersama keluarganya terhadap pemeluk agama lain.
 
"Hidup secara seimbang. Hidup harus seimbang. Baik hubungan dengan Tuhan (Hablum Minnallah) dan hubungan dengan sesama manusia (Hablum Minannash). Membantu teman-teman dari sebuah gereja yang akan mempersiapkan ibadah natal sebagai wujud toleransi langsung yang dapat kami sekeluarga lakukan di lingkungan tempat tinggal," tulis Soraya Haque.
 
"Bukan hanya Kristiani saja, hal ini kami lakukan bagi pemeluk agama lain yang hidup di alam Indonesia. Rindu akan suasana hidup berdampingan tanpa curiga, saling gotong-royong, membantu tanpa pamrih, tanpa ada kekhawatiran terhadap gangguan apapun," lanjutnya.
 
Istri musisi dan aktor Ekki Soekarno ini menyebut wujud toleransi dapat dilakukan dalam bentuk apapun. Sebagai negara yang beragam, toleransi beragama merupakan sebuah kewajiban di Indonesia.
 
"Sebenarnya wujud toleransi dapat dilakukan oleh siapapun, dalam bentuk apapun, bisa dalam ucapan, ataupun bersikap langsung, sebagai saksi diri untuk memanusiakan manusia dalam kehidupan horizontal. Kami sekeluarga menyadari perbedaan merupakan FITRAH dan KEHENDAK ALLAH, mengingat hidup di alam Indonesia penuh keberagaman keyakinan, dan menjadi kewajiban kaum mayoritas untuk saling mengasihi dalam nafas kebhinnekaan," jelasnya.
 
"Perbedaan bukan menjadi tidak harmonis, bukan? Berani keluar dari zona nyaman, dari kondisi intoleran yang semakin merajalela membuat kami ingin berbuat hal kecil untuk membahagiakan orang lain. Keindahan hidup berdampingan sudah harus dihidupkan kembali, di era hilangnya toleransi beragama saat ini," tutup Soraya.
 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif