Britney Spears (Foto: gettyimages)
Britney Spears (Foto: gettyimages)

Mengenal Hak Konservatori pada Kasus Britney Spears

Medcom • 06 Oktober 2021 09:00
Jakarta: Britney Spears akhirnya terlepas dari hak konservatori yang diberikan Pengadilan Tinggi California kepada ayahnya, Jamie Spears. Hal ini didukung oleh fans Britney dengan #FreeBritney di media sosial.
 
Britney telah menjalani konservatori selama kurang lebih 13 tahun sejak 2008. Pengadilan Tinggi California memberikan hak konservatori sementara kepada Jamie Spears pada Februari 2008. Namun, pada Oktober 2008, hak ini berubah menjadi hak konservatori permanen.
 
Mengutip dari vulture.com, konservatori yang dimaksud oleh Pengadilan Tinggi California dalam konteks ini adalah konsep hukum di Amerika Serikat yang memungkinkan hakim untuk memberikan wali (atau beberapa wali) kontrol penuh atas keuangan individu. Apabila orang tersebut secara fisik atau mental tidak dapat mengelolanya sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wali yang dipercaya tersebut disebut Konservator, pengadilan biasanya memberikan hak ini kepada orang tua dari orang dewasa yang memiliki masalah mental atau penderita demensia. Namun, yang menjadi perbincangan masyarakat terhadap kasus Britney adalah diduga ayahnya menyalahgunakan hak tersebut demi keuntungan pribadi.
 
Britney meminta pengadilan untuk memutuskan hak yang dipegang ayahnya sebagai konservatori, Ia merasa terkekang selama 13 tahun menjalani konservatori. Mengutip dari bbc.com, dalam sidang pengadilan di Los Angeles, Britney akhirnya terbebas dari kebijakan konsevatori yang dipegang ayahnya.
 
"Situasi saat ini tidak dapat dipertahankan," kata Hakim Brenda Penny.
 
Sementara itu, pengacara Britney Spears, Mathew Rosengart meminta pengadilan untuk mengadakan sidang baru dalam 30-45 hari kedepan untuk memutuskan penghentian total konservatori terhadap Britney. Ia merasa kliennya tidak membutuhkan itu lagi.
 
"Britney tidak percaya evaluasi mental diperlukan, dan saya tentu saja tidak," kata Rosengart.
 
(Aulya Syifa)
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif