Dalam video youtube-nya yang berjudul Apa Itu Podcast? Ada Duitnya Gak? (Ft. Adriano Qolbi) Radit, bercerita bahwa awalnya di tidak berpikir untuk membuat konten di platform ini. Namun setelah mendengar tentang Adriano Qolbi, dia jadi terinspirasi.
“Gue ini dari dulu dengerin podcast terus gue tidak pernah tertarik buat ikutan. Dalam artian ya udah podcast. Ya udah,” terang Raditya Dika pada Adriano.
“Terus gue lupa ngomong sama siapa. Gue lupa lo (Adriano Qolbi) ngomong sama siapa tapi nyampe juga ke gue. Lo suka Marc Maron. Gue juga suka dia, stand up comedy-nya, tapi gue tidak tahu dia punya podcast. Dengerlah gue. Gue dengerin juga punya lo. Gue rasa ini bisa menarik,” lanjutnya.
Radit tidak langsung terjun ke Podcast, dia memulainya dari YouTube lebih dulu dengan membuat video yang konsepnya ngobrol. Ternyata, unggahan obrolannya yang dalam diterima baik oleh para penonton.
“Bikinlah gue YouTube yang conversational. Mulai ngobrol. Ini apa emang mau nonton video ngomong panjang-panjang ngomong-ngomong gitu,” paparnya.
“Sampai akhirnya terakhir gue bikin yang paranormal experience 1,5 jam. Tidak gue edit, ternyata ramai. Terus gue mikir lagi, kalau ngomong-ngomong saja banyak yang ngomong kalau convesation yang dalam orang nonton tidak si,” lanjutnya.
Videonya yang membuat dia semakin mantap untuk mendalami podcast adalah videonya dengan Andovi Lopez. “Gue ngobrol sama Andovi, ternyata 1 juta. dua jam. Saat itu gue mulai yakin jangan-jangan konten ngobrol doang ada penontonnya,” jelasnya.
Dari sana, Radit yakin untuk meneruskan usahanya di bidang podcast. Dia merasa bahwa Youtube tidak mampu memuaskannya lagi dan podcast dia rasa bisa mengisi kegelisahannya itu.
“Gue nyebur ketika orang-orang bilang ngapain bikin video di YouTube. Makin kesini gue lihat YouTube itu makin tidak memuaskan buat gue. Dan makin lama kok gue bukin videp atau stand up cuman gitu-gitu doang. bikin orang senang aja, yang suka. Lama-lama ini pasti ada yang lebih dari ini. Gimana caranya bikin ini tapi penting. Itu kegelisahan gue sekarang. Makanya gue bikin konten yang ngobrol panjang,” jelasnya.
Hingga artikel ini diunggah, Raditya Dika memiliki pelanggan di YouTube sebanyak 7,3 juta akun. Dia menjadi salah satu kreator konten YouTube Indonesia dengan pengikut paling banyak
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News