Doyoung NCT. Foto: Instagram
Doyoung NCT. Foto: Instagram

Kecewa Doyoung NCT Jadi Model Kampanye McDonald's, Fans: Mending Unfollow

Fatha Annisa • 26 Desember 2023 16:31
Jakarta: Doyoung NCT mendapat banyak kritik setelah diumumkan menjadi model kampanye produk McDonald’s. Pasalnya, restoran cepat saji itu merupakan salah satu jenama yang ramai diboikot karena diduga pro Israel.
 
Anggota boy group NCT 127 itu terpilih menjadi model kampanye terbaru McDonald’s yang bertajuk ‘Lucky Burger’. Kabar ini disampaikan langsung oleh SM Entertainment selaku agensi Doyoung melalui media sosialnya, pada Senin, 25 Desember 2023. 
 
Dikutip dari Sport Seoul, Doyoung terpilih dalam kampanye ini karena dinilai memiliki energi dan pengaruh baik untuk para penggemar. Sementara itu, ‘Lucky Burger’ sendiri adalah kampanye amal yang hasil penjualannya akan disumbangkan ke RMHC (Ronald McDonald’s House) di Korea. 
 
“Sebagai anggota NCT, Doyoung menerima cinta dari berbagai bidang dan juga menarik perhatian di dunia periklanan,” demikian dilaporkan Sport Seoul, Selasa, 26 Desember 2023. 
 
Baca juga: NCT 127 Akan Gelar Konser Neo City - The Unity di Jakarta 2 Hari, Catat Tanggalnya!

Penggemar Kecewa

Seperti yang diketahui, McDonald’s merupakan salah satu brand yang diduga kuat mendukung Israel dalam genosida yang dilakukan terhadap Palestina. Bahkan pada November lalu, McDonald’s Israel dilaporkan mendonasikan 4.000 makanan gratis untuk Pasukan Pertahanan Israel (IDF). 
 
Hal tersebut membuat banyak NCTzen (nama penggemar NCT) kecewa dengan keputusan Doyoung. Kekecewaan itu semakin menjadi-jadi setelah Doyoung mengunggah foto kue bergambar burger McDonald’s di Instagram-nya dan membahas soal kampanye tersebut pada platform berbincang dengan penggemar. 
 
Kecewa Doyoung NCT Jadi Model Kampanye McDonalds, Fans: Mending Unfollow
Instagram story Doyoung. Foto: tangkapan layar
 
Baca juga: Ulang Tahun Hari Ini, Yuta Dapat Kejutan Manis dari Member NCT 127

 
Saking banyaknya kritik yang dilayangkan untuk pelantun ‘Fact Check’ tersebut, nama Doyoung pun masih trending di X (Twitter) sampai artikel ini ditulis, Selasa, 26 Desember. 
 
“Doyoung mungkin ini saatnya kamu diam. Orang-orang kecewa denganmu. Penggemar telah menceritakan keseluruhan situasinya dan kamu memilih untuk abai. Saya tidak punya apa-apa untuk dikatakan lagi. Sekarang, jangan salahkan orang lain jika ini akan membuatmu jatuh,” cuit @scnflcwcr_.
 
“Maaf Doyoung, (kampanye) ini harus gagal. Merek itu berpartisipasi aktif dalam genosida. Kami tidak menginginkan semua itu,” tulis @crizenshusi. 
 
“Doyoung, whyyy? Saya kecewa tapi tidak terkejut karena sepertinya mereka (idol k-pop) memang dibayar untuk ini,” tulis @leejno23.
 
Baca juga: Mark NCT Ungkap Ingin Berhenti Menari di Usia 33 Tahun, Kenapa?

Penggemar Unfollow Doyoung

Bukan hanya menyampaikan rasa kecewa melalui cuitan, penggemar juga ramai-ramai meng-unfollow Instagram Doyoung sebagai bentuk protes. Banyak dari mereka memutuskan berhenti mendukung idol tersebut. 
 
“Respect buat kalian yang tetep tegas menolak apapun jenis dukungan atas genosida isriwil terhadap Palestina.  Ini bukan hanya soal bela agama tapi bela kemanusiaan. Ayo unfoll doyoung dan idol manapun yg mendukung genosida,” cuit @dumpiestnla. 
 
“Orang yang lu raguin mau unfoll apa kagak lagi ketawa-ketawa disitu, emang udah saatnya kita semua ngestan WALI aja !!!!!” tulis @jaktimbased. 
 
“Mending unfoll deh, ini bisa jadi gertakan ke agensi dan idolnya buat mereka lebih aware milih brand buat diendorse,” @jenaissantee_.


 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SUR)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan