Jeihan Sukmantoro (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Jeihan Sukmantoro (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Pelukis Jeihan Sukmantoro Meninggal Dunia

Hiburan Artis Meninggal
Cecylia Rura • 30 November 2019 00:12
Jakarta: Seniman Jeihan Sukmantoro meninggal dunia, Jumat, 29 November 2019 pukul 18.15 WIB, di studio lukisnya, Jalan Padasuka, Kota Bandung, Jawa Barat. Pelukis yang khas dengan lukisan mata berwarna hitam penuh itu berpulang setelah mengalami komplikasi penyakit.
 
Melansir Antaranews, Jeihan Sukmantoro sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Santo Borromeus, Bandung sejak Rabu, 27 November 2019. Namun, dia dipulangkan karena perawatan sudah tak efektif.
 
Satu dari komplikasi penyakit yang diderita Jeihan yakni kanker tenggorokan. Dalam pagelaran lukisan di The Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Minggu 9 Desember 2018, ditemui Medcom.id saat itu dia sudah berfirasat akan berpulang kepada Yang Maha Kuasa. Dia pun sempat mengatakan itu adalah pameran lukisan terakhirnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"InsyaAllah, karena apa? Terus terang. Seperti saya katakan rupanya saya sendiri alami. Rupanya memang terwujud dalam diri saya. Puncak gerak diam, puncak tahu tak tahu. Saya sudah mulai melemah, melamban," tuturnya.
 
Jeihan Sukmantoro Kembali Gelar Pameran Lukisan
 
Jeihan saat itu melanjutkan, dia sudah ingin 'pulang'. Jeihan mengutarakan ingin melakukan salat dhuha sebelum meninggal dunia.
 
"Saya rindu 'pulang', maka saya ingin kira-kira InsyaAllah kalau saya melepas napas terakhir setelah salat dhuha. Hari terang, hati tenang, bunga kembang, burung terbang, aku pulang," pungkasnya.
 
Jeihan memiliki ciri khas yang sudah tak asing di setiap goresan lukisan manusia yakni berupa warna mata hitam penuh. Dia memaknainya sebagai sebuah misteri kehidupan.
 
Jeihan Sukmantoro meninggal dunia dalam usia 81 tahun.
 

 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif