Personel simakDialog, Mian Tiara (Foto: twitter Mian Tiara)
Personel simakDialog, Mian Tiara (Foto: twitter Mian Tiara)

Personel simakDialog Alami Pelecehan Seksual dari Aktor Senior

Hiburan pelecehan seksual simakdialog
Cecylia Rura • 24 Januari 2020 13:52
Jakarta: Penyanyi sekaligus penulis lagu dari personel simakDialog, Mian Tiara mengalami pelecehan seksual. Peristiwa ini dibagikan dalam cerita berutas dengan tagar #pelecehanseksual, #kekerasanseksual, dan #mulaibicara di Twitter @miantiara, Kamis, 23 Januari 2020.
 
"Hari ini saya mau share soal #pelecehan seksual yang terjadi beberapa waktu lalu. Pelaku tidak merasa melakukan tersebut. Namun saya merasa harus #mulaibicara," tulis Mian Tiara.
 
Dalam cerita berutas panjang, Mian Tiara memaparkan pelecehan seksual dapat terjadi di mana saja dan kapanpun. Termasuk ketika berada di tempat yang aman seperti rumah, sekolah, tempat kerja, dan orang-orang yang dikenali.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang terjadi pada saya adalah satu dari sekian banyak kejadian. Dan dalam kasus saya, hal ini terjadi di tempat kerja, di mana saya kenal baik dengan sebagian besar tim dan hanya beberapa yang saya baru kenal," tulis Mian Tiara.
 
Mian menceritakan kronologi pelecehan itu terjadi saat dia membantu rekan kerja membuat film pendek untuk tugas akhir. Proses pra produksi berjalan baik hingga sebuah kejadian tak mengenakkan terjadi di ruang rias belakang panggung. Mian Tiara berkenalan dengan aktor senior --tak disebutkan identitasnya-- yang ikut bermain dalam film.
 
"Awalnya semua berjalan dengan menyenangkan. Kami duduk di kursi penonton sambil memerhatikan proses adegan awal-awal. Kemudian aktor senior ini meminta saya duduk di sebelahnya untuk melatih dialognya," tulis Mian.
 
Mian melanjutkan, seusai membahas dialog setelah adegan panggung selesai Mian masuk ke ruang rias untuk memeriksa ponselnya. Aktor senior tersebut juga ada di ruangan tersebut menunggu kopinya. Mereka pun berbincang dan peristiwa pelecehan itu bermula.
 
"Saya duduk di sebelahnya dan mendengarkan ceritanya. Tiba-tiba dia menghadapkan kursinya ke saya dan mengelus paha saya begitu saja. Saya kaget tapi enggak bisa bereaksi apa-apa," lanjut Mian.
 
Mian tak percaya dia mengalami pelecehan seksual dari seorang aktor senior. Dia pun mematuk dan masih terkejut. Aktor tersebut melanjutkan perbincangan tetapi tidak ditanggapi Mian karena merasa sudah tidak nyaman.
 
"Tiba-tiba sutradara kami masuk sebentar ke ruang rias untuk menanyakan salah satu pemain. Setelah itu saya ikut keluar," cerita Mian.
 
Mian Tiara melanjutkan, selama syuting dia berusaha fokus dan menjaga jarak dengan aktor tersebut. Dia juga menjaga pandangan terhadap teman perempuan lain agar tidak terlalu dekat dengan aktor itu.
 
Setelah syuting selesai, para kru dan pemain foto bersama. Mian Tiara masih mengalami pelecehan seksual dari aktor itu meski Mian sudah berusaha menghindar.
 
"Akhirnya dia berdiri di sebelah saya. Si aktor senior memasukkan jarinya ke pinggir celana jins saya dan memegang erat sambil menggantungkan tangannya ke celana saya. Saya merasa jijik, marah, terlanggar atas perbuatannya," tulis Mian.
 
"Yang bikin saya marah adalah saya enggak bisa bereaksi dengan semestinya. Mungkin karena saat itu syuting belum selesai, ada rasa khawatir reaksi saya akan dianggap berlebihan, bahkan si aktor senior itu akan berusaha ngeles dengan begitu lihainya," lanjut Mian.
 
Kejadian ini sudah dilaporkan Mian Tiara kepada manajemen aktor tersebut. Namun, Mian dianggap mengarang cerita. "Saya mau dia minta maaf. Tapi kalau sudah seperti ini, saya harus bicara supaya ada yang mendengar," tulisnya.
 
Cerita ini dibagikan Mian Tiara agar pelecehan seksual tidak boleh dimaklumi dan dibiarkan. Dia berharap, pelecehan seksual tidak dibiarkan sebagai hal wajar.
 
"Enggak zamannya kita ikut ketawa waktu ada yang komen soal penampulan atau bentuk badan dan seksualitas orang lain, saat mereka yang dilecehkan dianggap sok sensi, yang tubuhnya dilanggar dibilang lebay dan mengundang hal tersebut terjadi. Merekalah yang harus dibuat malu karena melakukan hal-hal tersebut," tulis Mian.
 
Melalui cerita berutas tentang pelecehan seksual yang terjadi terhadapanya, Mian Tiara berharap banyak yang berani bicara atas perilaku yang diterimanya.
 


 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif