Gus Miftah (Foto: instagram)
Gus Miftah (Foto: instagram)

Uki Eks Noah Sebut Musik Pintu Maksiat, Gus Miftah Bilang Begini

Hiburan selebritas noah
Elang Riki Yanuar • 28 Juli 2021 19:34
Jakarta: Pernyataan mantan gitaris Noah, Uki yang menyebut jika musik dan industrinya sebagai pintu kemaksiatan jadi perbincangan di media sosial. Pendakwah Gus Miftah pun angkat bicara soal fenomena pengharaman musik.
 
Gus Miftah mengunggah video sedang nongkrong bersama musisi Rio Sidik dan rapper Marzuki Mohammad alias Kill The Dj. Selepas Rio memainkan terompet, Gus Miftah menyitir ucapan Jalaludin Rumi.
 
"Menurut Jalaludin Rumi, musik yang diharamkan dalam Islam itu adalah ketika suara piring ketemu dengan sendok, dimainkan oleh orang kaya dan didengarkan oleh orang kelaparan. Itulah musik yang diharamkan dalam Islam," kata Gus Miftah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Daripada meributkan persoalan musik haram, Gus Miftah mengajak orang untuk saling berbagi terhadap sesama. Terlebih lagi di situasi pandemi yang belum selesai seperti sekarang ini.
 
"Musim pandemi seperti ini jangan sampai ada orang miskin yang hanya bisa mendengarkan suara piring dan sendok tanpa bisa menikmati isinya. Yuk, berbagi," ujarnya.
 
Seperti diberitakan, Uki menyebut jika musik merupakan pintu dari kemaksiatan. Dia menyebut profesi musisi bukan pekerjaan yang halal. Karena itu, Uki mengisyaratkan penyesalannya pernah menjadi musisi.
 
"Karena bagi saya, saya enggak bisa membanggakan. Ya Allah, saya dulu menciptakan banyak fans, banyak lagu, di hadapan Allah pada akhirnya itu enggak bisa meningkatkan derajat saya," kata Uki saat berbincang di YouTube Belajar Sunnah.
 
Pada akhir 1990an, Uki turut mendirikan band Peterpan yang kemudian berganti nama menjadi Noah. Dia keluar dari Noah pada 2019. Sejak itu, dia banyak terlibat dalam kegiatan dakwah.
 
"Terus kalau saya bilang dengan uang ini saya bisa sedekah banyak, tapi kita melakukan yang haram, enggak bisa. Jadi untuk dari segi musiknya. Karena ketika musik itu kalian enggak lakukan, otomatis kalian tuh menutup pintu khamar, pintu rokok juga, terus bercampur dengan wanita. Jadi dengan menutupnya pintu musik dan industri musik, kalian itu menutup banyak hal yang sifatnya mudarat," lanjut Uki.
 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif