Acara Vaksin Slank untuk Indonesia (Foto: dok. Metro Tv)
Acara Vaksin Slank untuk Indonesia (Foto: dok. Metro Tv)

Slank Ungkap Pengalaman Cemas Sebelum Manggung

Hiburan slank kecemasan Vaksin Slank untuk Indonesia
Sunnaholomi Halakrispen • 18 Oktober 2021 08:00
Jakarta: Setiap orang pernah mengalami rasa cemas. Hal itu juga terjadi pada para personel Slank. Sebelum manggung, mereka sempat mengalami kecemasan.
 
"Dok, paranoid atau anxiety disorder itu sama atau beda?" tanya gitaris Slank, Abdee, dalam program Vaksin Slank untuk Indonesia di Metro TV.
 
"Kalau stres itu bisa dalam batas yang wajar yang memicu semangat kita, atau bisa juga yang berlebihan disebutnya distress. Distress itu macam-macam," jawab dr. Maria Irene Hendrata, Sp.KJ.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa itu mengatakan, salah satu kondisi distress adalah paranoid. Pada keadaan paranoid, ada kecurigaan atau ketakutan berlebihan, bahkan sampai ada halusinasi atau pikiran-pikiran yang tidak wajar. Sedangkan anxiety disorder merupakan golongan gangguan jiwa yang berbeda, yakni muncul dengan alasan yang tidak jelas.
 
"Setelah tadi dokter bilang, ternyata gue sering. Mungkin karena cemas, akhirnya blank. Lirik lagu hilang di ingatan yang awalnya lagu luar kepala," ungkap vokalis Slank, Kaka.
 
"Kalau gue sebelum manggung sering pengin ke toilet," aku bassist Slank, Ivanka.
 
Dr. Irene menjelaskan, kondisi yang dialami Kaka adalah hal yang masih wajar. Begitu juga yang dialami Ivanka, karena antara otak dengan pencernaannya masih terhubung.
 
Ia menekankan bahwa ketika manusia cemas, pencernaan ikut bekerja lebih keras dari pada biasanya. Kondisi perut mulas saat muncul rasa panik atau cemas merupakan hal yang wajar.
 
"Makanya ada orang cemas bilang 'aduh mules nih'," timpal gitaris Slank, Abdee.

Vaksin Slank untuk Indonesia


Sementara itu, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin Slank untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental.
 
Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus". Tetapi, juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin Slank untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat," terang drummer Slank, Bimbim.
 
"Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," tambahnya.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 

 

 

 

 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif