Kenangan Kadir Meniti Karier dari Nol Bersama Gogon

Cecylia Rura 15 Mei 2018 21:22 WIB
artis meninggal
Kenangan Kadir Meniti Karier dari Nol Bersama Gogon
Gogon (Foto: Media Indonesia/Agus Apriyanto)
Jakarta: Pelawak Kadir dan Gogon sudah berkawan lama sejak meniti karier dari titik nol. Mengenang sosok Gogon, Kadir menceritakan kenangannya bersama Gogon sejak di Srimulat Solo.

"Yang paling susah dilupakan, jelasnya Gogon itu adalah satu angkatan dengan saya. Di Srimulat Solo waktu masih kecil. Makan nasi bungkus. Gogon itu di sana sama saya," cerita Kadir saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 16 Mei 2018.

"Saya dua tahun dipindah ke Surabaya, Gogon tetap di Solo, enggak dipindah. Ya, nasib berkata lain. Saya pindah ke Surabaya, Surabaya satu tahun, dipindah ke Jakarta. Di Jakarta saya main film sukses," imbuh pelawak bernam asli Mubarak tersebut.


Setelah Kadir merantau ke Jakarta, Gogon ikut menyusul kawannya tersebut. Momen itu bertepatan dengan bubarnya Srimulat Solo pada tahun 90-an.

"Tahun '90, Gogon baru masuk ke Jakarta hijrah sendiri, karena Srimulat Solo bubar. Di sini dia merintis lagi dari nol. Tahun '95, saya bikin reuni Srimulat, itu Gogon mulai menanjak kariernya. Tidurnya di rumah saya juga, lama itu. Tidur sini, makan di sini. Sambil mengembangkan bakatnya itu."

Saat itu, Kadir sudah lebih dulu tergabung dalam grup lawak bersama Timbul dan Basuki. Gogon tak bisa masuk bergabung dengan grup sahabatnya itu.

"Karena saya terikat sama grup, saya enggak bisa mengajak Gogon.  Grup lawak Basuki, Timbul, Kadir. Karena sudah bertiga, kita enggak bisa mengajak Gogon. Gogon nge-grupnya sama Mamiek, sama Polo kadang-kadang, di Jakarta."

"Dia suksesnya tahun '95 ke atas setelah Indosiar mengadakan Reuni Srimulat itu," kata Kadir.

Kepergian Gogon tampak mendadak dan tidak disangka. Menurut Kadir, penyebab meninggalnya sosok pelawak yang ikonik dengan rambut jambul itu akibat penyumbatan jantung koroner yang dialaminya.

Gogon dikabarkan sudah memasang cincin di jantungnya sejak dua tahun lalu. Ia pun dikabarkan menderita penyakit kolesterol. Di samping itu, ia juga dikenal sebagai perokok berat.

Pelawak bernama asli Margono itu rencananya dimakamkan di Desa Pengging, Boyolali, Surakarta pada Rabu, 16 Mei 2018 sekitar pukul 11.00 WIB.

 



(ELG)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id