Kylie Jenner (Foto: wenn)
Kylie Jenner (Foto: wenn)

Kylie Jenner Miliarder Termuda, Pecahkan Rekor Mark Zuckerberg

Purba Wirastama • 06 Maret 2019 14:07
California: Setelah produk kecantikan lipstick dan lip liner dari Kylie Jenner dijual di jaringan toko fisik pada penghujung 2018, total pendapatan tahunan Kylie Cosmetics menanjak ke estimasi angka USD360 juta. Berdasarkan angka ini serta hitung-hitungan bisnis, Forbes memperkirakan bahwa total kekayaan Kylie mencapai USD1 miliar atau lebih dari Rp14 triliun.
 
Kylie adalah selebritas Amerika yang telah berusia 21 tahun sejak Agustus 2018. Dengan estimasi kekayaan itu dan usia Kylie ketika bisnis kecantikannya melaju pesat, Forbes mendaulat Kylie sebagai miliarder pengusaha termuda di dunia.
 
Putri Bruce (Caitlyn) Jenner dan Kris Mary ini mencapai rekor kekayaan 10 digit dolar dalam usia yang lebih muda ketimbang Mark Zuckerberg, pendiri dan bos Facebook. Ketika menembus angka tersebut, Mark berusia 23 tahun.

"Dulu aku tidak mengharapkan apapun. Aku tidak meramalkan masa depan. Namun (pengakuan ini) terasa menyenangkan. Ini adalah tepukan manis di punggung," kata Kylie menanggapi predikat ini sebagai ucapan selamat.
 
Kylie Cosmetics adalah merek produk kecantikan yang dibuat Kylie pada 2015, lewat kerja sama dengan perusahaan Seed Company yang memberikan suplai produk dan pengemasan. Menurut catatan Forbes, bisnis kecilnya dikelola oleh tujuh pegawai penuh waktu dan lima pegawai paruh waktu.
 
Penjualan dilakukan secara online lewat Shopify, urusan keuangan dan public relation ditangani Kris ibunya, dan komunikasi pemasaran dilakukan lewat media sosial. Kini Kylie punya 128 juta pengikut di Instagram. Dia juga aktif di media sosial lain seperti Snapchat, Facebook, serta Twitter.
 
Selama tiga tahun pertama, produk lipstik dan lip liner Kylie hanya dijual secara online, yang segera ludes dalam beberapa menit setelah penjualan stok baru dibuka. Sejak November 2018, Kylie menjalin kerja sama dengan jaringan toko fisik Ulta yang punya lebih dari 1.000 toko. Dalam hitungan jam, produk seharga USD29 ini langsung ludes terjual.
 
Kylie menyebut kesuksesan ini berangkat kekuatan media sosial. "Aku punya jangkauan kuat sebelum aku mampu memulai apapun," katanya.
 
Jaringan toko fisik juga berkontribusi besar. Menurut Kylie, toko fisik memberi kesempatan kepada orang-orang yang tidak akan membeli produk secara online karena harus melihat, menyentuh, dan merasakan lebih dulu sebelum membeli. Toko fisik juga mampu menjangkau pembeli muda yang tidak punya kartu kredit.
 
Forbes juga mencatat tujuh miliarder lain di bawah usia 30 tahun ini. Selain Kylie, miliarder berdasarkan hasil bisnis sendiri adalah John Collison dan Evan Spiegel. Lima miliarder lain adalah Alexandra Andressen, Katharina Andressen, Gustav Magnar Witzoe, Ludwig Theodor Braun, dan Anna Kasprzak.
 
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ELG)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan