Sarwendah (Foto: instagram)
Sarwendah (Foto: instagram)

Punya Kista di Batang Otak, Sarwendah: Mungkin Bisa Meninggal atau Cacat

Elang Riki Yanuar • 12 Agustus 2022 19:11
Jakarta: Sarwendah belum lama ini mengumumkan didiagnosa memiliki kista di batang otaknya. Penyakit yang diderita Sarwendah berawal dari sakit kepala yang dialami beberapa tahun lalu.
 
“Iya, jadi itu karena aku migrain terus. Setelah aku flashback itu, sudah dari tahun 2017," kata Sarwendah di kanal YouTube TRANS7 OFFICIAL.
 
Istri Ruben Onsu itu mulai mengecek Elektroensefalogram (EEG) yang berkaitan dengan pusing di kepalanya. Rasa sakit di kepala di Sarwendah semakin terasa dua tahun terakhir. Setelah diperiksa, terdapat kista di batang otaknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dua tahun terakhir ini, semakin intens. Tahun kemarin, aku mau coba (untuk) MRI tadinya. Berarti kalau dia, amit-amit pecah atau terjadi apa-apa, ya pasti mungkin bisa lewat (meninggal)," katanya.
 
“Atau mungkin, karena kan di batang otak itu, keseimbangan kita semuanya di situ, jadi matanya mungkin miring sebelah, enggak bisa posisi balance, berdiri juga tidak bisa balance, dengar pun mungkin tidak bisa," lanjutnya.
 
Untuk melakukan tindakan di otaknya, Sarwendah menyebut terdapat sejumlah kemungkinan. Termasuk kemungkinan terburuk dia meninggal dunia atau cacat.
 
"Masalahnya, kalau tindakan di batang otak itu, kemungkinan adalah 50:50. Mungkin kalau orang operasi usus buntu, sudah pasti operasi aman. Kalau ini, kemungkinan 50:50 itu artinya, satu, bisa mungkin bisa meninggal, satu lagi mungkin bisa cacat. Yang satu bisa sembuh," jelasnya.
 
Tim medis masih menjalani observasi terhadap kista di batang otak Sarwendah. Mereka baru akan melakukan tindakan setelah tiga hingga enam bulan setelah observasi.
 
“Ya karena ini kan baru satu bulan. Jadi, kata dokter ya observasi dulu. Jadi, kayak 6 bulan kemudian, atau 3 bulan kemudian baru kita cek lagi apakah itu membesar atau kalau dia cuma di situ saja dan dia tidak mengganggu, dia tidak membesar, ya diamkan saja," paparnya.
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif