Jay Enhypen (Foto: instagram)
Jay Enhypen (Foto: instagram)

Dianggap Lecehkan Sejarah Korea, Jay ENHYPEN Kembali Minta Maaf

Medcom • 20 Januari 2023 16:20
Jakarta: Jay anggota dari salah satu K-pop grup, ENHYPEN kembali mengeluarkan permintaan maaf. Sebelumnya, Jay mendapat kecaman karena dianggap meremehkan sejarah Korea dengan menyebutnya sebagai "novel pendek".
 
Pada tanggal 10 Januari 2023, Jay menyebabkan kehebohan dengan mengklaim bahwa tak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk mempelajari sejarah Korea, karena tidak banyak yang perlu dipelajari. Sebaliknya, sejarah negara lain "tidak ada habisnya'.
 
Pria berusia 20 tahun ini lahir di Amerika Serikat tetapi sebagian besar mengenyam pendidikan di Korea. Saat ini ia memiliki dua kewarganegaraan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seiring dengan berkembangnya kontroversi, ia menyampaikan permintaan maaf pertamanya pada 11 Januari. Dia mengatakan bahwa telah salah memilih kata-kata. Dalam pernyataan tersebut, ia mengatakan bahwa ia tidak bermaksud meremehkan sejarah Korea.
 
Namun, banyak orang yang mengatakan bahwa dia menggunakan kata-kata yang tidak pantas dalam permintaan maaf awal, yang membuatnya terlihat tidak tulus. Sehingga Jay membuat permintaan maaf kedua pada tanggal 18 Januari.
 
"Saya ingin meminta maaf lagi atas komentar saya tentang sejarah Korea yang saya buat saat siaran langsung pada 10 Januari," tulis penyanyi tersebut di platform penggemar Weverse.
 
"Saya berbicara tentang sejarah negara kita dengan menggunakan kosakata yang terbatas, tanpa mengetahui secara mendalam. Selama siaran, saya mengekspresikan pemikiran saya dengan hanya menggunakan informasi terbatas yang saya temukan dan tidak menyadari bahwa hal itu dapat menyampaikan pesan yang salah. Teman satu band saya (Sunghoon), yang berada di sebelah saya, mencoba mengoreksi saya, tetapi saya tidak cukup bijaksana untuk menangkapnya." lanjut Jay.
 
Jay berjanji tidak mengulangi hal serupa di masa depan. Dia meminta kesempatan untuk membuktikan dirinya bisa berubah lebih baik.
 
"Saya juga meminta maaf atas kata-kata yang saya gunakan dalam permintaan maaf sebelumnya. Saya seharusnya lebih berhati-hati. Sebagai orang dengan kosakata terbatas yang bahkan tidak bisa meminta maaf dengan benar, sungguh ceroboh bagi saya untuk membuat komentar yang tidak akurat tentang sejarah kami," paparnya.
 
Pernyataan kontroversial dari bintang K-pop yang populer di seluruh dunia ini membuat marah banyak orang Korea yang khawatir hal itu akan memberikan persepsi yang tidak akurat tentang Korea.
 
"Orang-orang di seluruh dunia sekarang mengejek sejarah kami berkat Jay," tulis komentar muncul mengenai Jay.
 
"Sangat menakutkan melihat orang yang tidak berkualitas memberikan pengaruh negatif."
 
Jay memulai debutnya sebagai bagian dari ENHYPEN pada tahun 2020. ENHYPEN saat ini merupakan salah satu artis yang paling dicari di kancah K-pop, yang telah melakukan tur dunia sejak tahun lalu.
 
"Saya telah merefleksikan diri saya sendiri, tetapi saya merasa itu tidak cukup. Saya terus memikirkan cara-cara untuk mencegah diri saya mengulangi kesalahan yang sama, tetapi saya belum menemukan jawaban terbaik. Saya akan meluangkan waktu dan menunjukkan upaya saya (untuk berubah) melalui tindakan," tutupnya.
 
(Shelviola Marselren)
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif