Ratu Elizabeth II (Foto: instagram)
Ratu Elizabeth II (Foto: instagram)

Deretan Rekor yang Dipecahkan Ratu Elizabeth II Selama 70 Tahun Menjabat

Medcom • 13 September 2022 19:19
Jakarta: Ratu Elizabeth II menjabat selama 70 tahun sebagai Ratu Inggris Raya telah membuatnya menorehkan sejarah. Ada beberapa rekor yang dipecahkan olehnya sebagai salah satu pemimpin monarki di dunia.
 
Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Berikut deretan rekor semasa hidupnya.
 
1. Masa jabatan terlama sebagai Ratu

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di antara semua monarki di dunia, Ratu Elizabeth II merupakan yang paling lama menjabat yakni 70 tahun. Dia menjadi pemimpin terlama dalam sejarah monarki Inggris yang rekor sebelumnya dipegang oleh Ratu Victoria yang memerintah selama 63 tahun.
 
Hanya ada dua Raja yang menjabat lebih lama dari Ratu Elizabeth II yakni Raja Louis XIV (72 tahun) dan Raja Bhumibol Adulyadej (70 tahun 4 bulan).
 
2. Ratu tertua menjabat
 
Ratu Elizabeth II masih aktif menjabat bahkan setelah masuk usia 96 tahun. Hal ini membuatnya menjadi pemimpin monarki sekaligus pemimpin negara paling tua di usianya.
 
3. Perjalanan keliling dunia terbanyak
 
Ratu Elizabeth II juga memegang rekor Ratu Inggris yang melakukan perjalanan keliling dunia sebanyak 1952. Dia sudah mengunjungi lebih dari 100 negara dan 150 negara persemakmuran Inggris.
 
Kanada merupakan negara yang paling sering dikunjungi (22 kali sepanjang hidupnya) disusul Perancis (13 kali). Ratu Elizabeth II juga fasih berbahasa Perancis.
 
Deretan Rekor yang Dipecahkan Ratu Elizabeth II Selama 70 Tahun Menjabat
 
4. Ratu paling sibuk
 
Ratu Elizabeth II sudah menjabat dan memimpin negara persemakmuran Inggris sejak usianya 21 tahun. Dirinya telah terlibat dalam lebih dari 21 ribu perjanjian, membuat lebih dari 4 ribu Undang-Undang, dan menjadi tuan rumah kunjungan 112 pemimpin negara.
 
5. Menghadiri pesta terbanyak
 
Selama 96 tahun hidupnya, Ratu Elizabeth II telah menghadiri lebih dari 180 pesta kebun di Buckingham Palace. Pesta ini dihadiri oleh lebih dari 1,5 juta orang. Dia juga menghadiri deretan acara musik yang digelar Kerajaan Inggris dan bertemu bintang terkenal dunia mulai dari Queen, Spice Girls, hingga Lady Gaga.
 
6. Kartu dari Ratu
 
Kartu ucapan dari Ratu merupakan suatu hal yang paling dinantikan oleh siapapun penerimanya. Selama hidupnya dia telah mengirim lebih dari 300 ribu kartu ucapan selamat. 900 ribu kartu lainnya khusus dikirimkan buat pasangan yang merayakan 60 tahun pernikahan.
 
Deretan Rekor yang Dipecahkan Ratu Elizabeth II Selama 70 Tahun Menjabat
 
7. Pernikahan terlama
 
Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip selama 73 tahun. Ini merupakan rekor terlama sepanjang sejarah Kerajaan Inggris. Pernikahan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip dipisahkan oleh maut setelah suaminya meninggal di usia 99 tahun pada April 2021.
 
(Raja Alif Adhi Budoyo)
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif