Yockie Suryo Prayogo salah satu musisi ternama yang meninggal pada 2018 (Foto: Medcom.id/Shindu)
Yockie Suryo Prayogo salah satu musisi ternama yang meninggal pada 2018 (Foto: Medcom.id/Shindu)

Mengingat Lagi Para Selebriti Indonesia yang Meninggal Dunia di 2018

Hiburan kaleidoskop hiburan
Cecylia Rura • 29 Desember 2018 07:00
Jakarta: Tak ada yang tahu kapan maut datang menjemput. Untuk tahun ini, setidaknya Indonesia kehilangan para seniman terbaik. Mulai dari artis peran, musisi, sineas, pelawak, hingga para seniman yang menghiasi panggung hiburan Tanah Air.
 
Kepergian para seniman ini tak disangka-sangka. Ada yang memang telah berjibaku dengan penyakit hingga kecelakaan yang merenggut nyawa. Tanpa memandang usia, baik seniman muda dan tua telah menghadap kepada Sang Pencipta.
 
Berikut kilas balik catatan kaleidoskop 2018 daftar seniman berpulang yang dihimpun Medcom.id:
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yon Koeswoyo (5 Januari 2018)
 
Koesyono Koeswoyo, personel Koes Plus meninggal dunia setelah menderita komplikasi diabetes dan infeksi paru-paru.
 
Yon Koeswoyo meninggal dalam usia 77 tahun. Pria kelahiran Tuban, Jawa Timur itu dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta pada Minggu, 6 Januari 2018.
 
Sys Ns (23 Januari 2018)
 
Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns. Soerio Soebagio awal mula dikenal sebagai DJ dan meniti karier di Radio Prambors. Mantan anggota PARFI itu juga pernah mencicipi peran aktor dan bergelut dengan naskah film.
 
Sys NS diketahui meninggal dunia akibat penyakit jantung dan meninggal dalam usia 61 tahun. Jenazah Sys NS dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta pada 23 Januari 2018.
 
Mengingat Lagi Para Selebriti Indonesia yang Meninggal Dunia di 2018
Pemakaman Sys Ns (Foto: Medcom/Cecylia)
 

Yockie Suryo Prayogo (5 Februari 2018)
 
Pernah mencicipi peran sebagai personel grup musik rock God Bless membuat Yockie kian dikenal. Sebelum meregang nyawa, Yockie sempat dirawat intensif di rumah sakit. Penyakit ini bermula dari kadar gula tinggi sejak 15 tahun lalu.
 
Yockie meninggal dalam usia 63 tahun. Jenazahnya dimakamkan di TPU Karet, Jakarta pada 5 Februari 2018.
 
Gareng Rakasiwi (9 Februari 2018)
 
Pelawak bernama asli Dwiyanto itu dikenal lewat aksi panggungnya dalam Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) dalam Kompas TV pada 2011. Dia kerap membawa alat musik dalam aksinya sebagai pelawak tunggal.
 
Gareng Rakasiwi meninggal dunia dalam usia 50 tahun di kampung halamannya, Sleman, Yogyakarta. Gareng meninggal akibat serangan jantung.
 
Advent Bangun (10 Februari 2018)
 
Yohanes Thomas Advent Bangun dikenal sebagai aktor laga di angkatan kejayaan Barry Prima. Setelah menjadi aktor laga, Advent Bangun beralih profesi menjadi pendeta.
 
Advent Bangun meninggal dunia dalam usia 65 tahun akibat komplikasi ginjal setelah mengidap diabetes. Jenazahnya dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa pada 11 Februari 2018.
 
Pupu Purnama (18 Februari 2018)
 
Aktor pemeran film Bayi Gaib, Pupu Purnama meninggal dunia tak lama setelah film dirilis di bioskop. Kabar itu diumumkan oleh akun Instagram @deecompany_official pada 19 Februari 2018. Pupu Purnama meninggal dunia dalam usia 38 tahun.
 
Chef Harada (19 Maret 2018)
 
Hiromitsu Harada, koki asal Jepang ini berkesempatan mengisi sebuah program memasak Fun Cooking di Trans TV. Pembawaannya yang khas dan menghibur membuatnya menarik perhatian penonton.
 
Chef Harada meninggal dunia pada 19 Maret 2018 dalam usia 56 tahun. Dia meninggal setelah melalui operasi otot virus lambung.
 
Indra Made "Navicula" (23 Maret 2018)
Mengingat Lagi Para Selebriti Indonesia yang Meninggal Dunia di 2018
Indra Made Navicula bersama kekasihnya semasa hidup (Foto: instagram)
 
Pemain bas Navicula Indra Made menghembuskan napas terakhir setelah dilarikan ke Rumah Sakit Ari Canti Denpasar. Dia bersama calon istrinya, Afiriana Dewi mengalami kecelakaan setelah Navicula tampil dalam Kopernik Day di Gianyar, Bali.
 
Jenazah Indra Made dikremasi dalam upacara adat Ngaben pada 3 April 2018.
 
Andika Putrasahadewa "Kerispatih" (10 April 2018)
 
Andika Putrasahadewa memperkuat band Kerispatih sejak 2003. Dia meninggal dunia setelah lama mengidap penyakit diabetes sejak 2004.
 
Jenazahnya dimakamkan pada 10 April 2018 di TPU Utan Kayu Rawamangun, Jakarta Timur. Andika Putrasahadewa meninggal dunia pada usia 36 tahun.
 
Amoroso Katamsi (17 April 2018)
 
Laksamana Pertama TNI (Purn.) dr. H. Amoroso Katamsi sejak kecil dibesarkan dengan berbagai kegiatan seni seperti menari dan bernyanyi. Amoroso terkenal berkat perannya sebagai Soeharto di film G30S/PKI.
 
Amoroso Katamsi meninggal dunia setelah kondisinya memburuk selama lima tahun terakhir. Jenazahnya dimakamkan di TPU Tanah Wakaf Pondok Labu setelah disalatkan di Masjid Imam Bonjol. Amoroso Katamsi meninggal dunia dalam usia 79 tahun.
 
Deddy Sutomo (18 April 2018)
 
Berselang satu hari dari Amoroso, Deddy Sutomo menghembuskan napas terakhirnya. Deddy dikenal sebagai aktor lawas yang muncul dalam layar bioskop era 1970-an.
 
Deddy Sutomo meninggal dunia dalam usia 76 tahun. Jenazahnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta.
Mengingat Lagi Para Selebriti Indonesia yang Meninggal Dunia di 2018
Pemakaman Deddy Sutomo (Foto: Medcom/Cecylia)
 

Gogon "Srimulat" (14 Mei 2018)
 
Margono, pelawak yang dibesarkan dalam Srimulat. Dia memiliki ciri khas dengan jambul dan kumis uniknya.
 
Gogon meninggal dunia saat melakukan perjalanan ke Lampung Utara bersama rombongan termasuk rekan kerjanya pelawak Kadir. Kabarnya, Gogon sudah sejak lama menderita sakit jantung.
 
Gogon meninggal dunia dalam usia 58 tahun. Jenazahnya dimakamkan di Desa Pengging, Solo, Jawa Tengah pada 16 Mei 2018.
 
Ari Malibu (14 Juni 2018)
 
Rekan musisi Reda Gaudiamo dalam AriReda meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker kerongkongan.
 
Ari Malibu meninggal dunia dalam usia 57 tahun. Jenazahnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta.
 
Nurbuat "Srimulat" (14 Juni 2018)
 
Pelawak Nurbuat menambah daftar pelawak Srimulat yang telah berpulang. Pelawak asal Malang itu meninggal di dunia diduga akibat penyakit asma.
 
Nurbuat meninggal dalam usia 69 tahun. Jenazahnya dimakamkan di Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah pada 15 Juni 2018.
 
Ginan "Jeruji" (21 Juni 2018)
 
Vokalis grup musik punk-hardcore Derajat Ginanjar Koesmayadi dikabarkan meninggal dunia akibat serangan jantung.
 
Ginan meninggal dunia dalam usia 38 tahun. Jenazahnya dimakamkan di TPU Cibarunay, Sarijadi Bandung pada 22 Juni 2018.
 
Hari Moekti (24 Juni 2018)
 
Hari Moekti adalah musisi rock yang kemudian hijrah menjadi pendakwah. Dia meninggal dunia akibat serangan jantung.
 
Hari meninggal dalam usai 61 tahun. Jenazahnya dimakamkan di Ciawi, Bogor, Jawa Barat pada 25 Juni 2018.
 
Arief Rivan (3 Juli 2018)
 
Arief Rivan dikenal kerap memerankan tokoh antagonis dalam sinema televisi. Dia dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung.
 
Aktor kelahiran Padang itu meninggal dalam usia 67 tahun. Jenazahnya dimakamkan di Beiji, Depok, Jawa Barat.
 
Tino Saroenggallo (27 Juli 2018)
 
Sineas Tino Saroenggallo meninggal dunia setelah menderita penyakit kanket prostat. Tino meninggal dalam usia 60 tahun. Jenazahnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta.
 
Debby Nasution (15 September 2018)
 
Pendiri Gank Pegangsaan Debby Nasution meninggal dunia usai memberi ceramah di sebuah masjid di kawasan Cipete Jakarta Selatan. Dia dikabarkan terkena serangan jantung.
 
Debby Nasution meninggal dunia dalam usia 62 tahun. Jenazahnya dimakamkan di TPU Pasir Putih, Depok, Jawa Barat pada 17 September 2018.
 
Aray Daulay (28 September 2018)
 
Aray Daulay dikenal sebagai musisi reggae berpengaruh asal Bali. Dia pun pernah menjadi bagian dari Steven & Coconut Treez sebelum memutuskan berkarier solo.
 
Aray Daulay meninggal dunia dalam usia 41 tahun akibat infeksi paru-paru. Jenazahnya dimakamkan di TPU Muslim Kepaon Kuta, Bali.
 
Rudy Wowor (5 Oktober 2018)
 
Sebelum memulai karier di panggung seni peran, Rudy Wowor lebih dulu aktif sebagai penari, salah satunya untuk pertunjukan Rolling Stones.
 
Aktor senior itu meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker prostat. Rudy Wowor meninggal dunia dalam usia 74 tahun. Jenazahnya dimakamkan di TPU Pondok Ranggon.
 
Mengingat Lagi Para Selebriti Indonesia yang Meninggal Dunia di 2018
Suasana di rumah duka Rudy Wowor (Foto: Antara/Kahfie Kamaru)

Titi Qadarsih (22 Oktober 2018)
 
Siti Gadarsih Sardjan dikenal sebagai aktor senior. Dia juga bagian dari kelompok Teater Populer besutan Teguh Karya.
 
Titi Qadarsih meninggal dunia dalam perjalanan pulang setelah menjalani perawatan di RSUP Fatmawati selama dua pekan. Jenazahnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta. Titi Qadarsih meninggal dunia dalam usia 73 tahun.
 
George Taka (1 November 2018)
 
George Mustafa Taka dikenal sebagai aktor laga semasa hidupnya. Dia merupakan finalis Top Model 1988 dan sempat menjadi pengurus PARFI.
 
Pria kelahiran 25 Oktober 1967 itu meninggal dunia setelah menderita serangan jantung. George Taka meninggal dalam usia 51 tahun. Jenazahnya dimakamkan di TPU Kempo Jatiwaringin, Pondok Gede pada 2 November 2018.
 
Pretty Asmara (4 November 2018)
 
Aktris sekaligus presenter Dian Pretty Asmara meninggal dunia setelah dirawat di RS Pengayoman Cipinang karena masala lambung. Sebelumnya, dia dikenakan vonis penjara delapan tahun lantaran terbukti terlibat kasus narkoba.
 
Aktris kelahiran 1977 itu dimakamkan di kampung halamannya di Desa Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodon, Kabupaten Lumajang. Pretty Asmara meninggal dunia dalam usia 41 tahun.
 
NH Dini (4 Desember 2018)
 
Novelis Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin meninggal dunia dalam kecelakaan mobil di Jalan Tol Tembalang KM 10 Semarang.
 
NH Dini sempat dilarikan ke RS Elisabeth, Probowatie Tjondronegoro untuk mendapatkan perawatan intensif. Jenazahnya disemayamkan di Wisma Lansia Harapan Asri Kota Semarang dan dikebumikan di Pemakaman Kedungmundu Semarang pada 5 Desember 2018. NH Dini meninggal dalam usia 82 tahun.
 
Bani, Herman, Andi "Seventeen" dan Aa Jimmy (22 Desember 2018)
 
Tsunami di Tanjung Lesung pada Sabtu, 22 Desember menyebabkan tiga personel Seventeen, Bani, Herman dan Andi meregang nyawa. Kepergian ketiganya menyisakan Ifan sebagai personel tunggal Seventeen yang masih bertahan hidup.
 
Aa Jimmy, komedian sekaligus aktor juga tewas dalam bencana tersebut. Dia sekeluarga ikut meregang nyawa diterjang tsunami.
 
Tsunami di Tanjung Lesung dipicu erupsi anak Gunung Krakatau. Tsunami ini terjadi di area Selat Sunda dan menewaskan ratusan orang di area Banten dan Lampung.
 
Dian Pramana Poetra (27 Desember 2018)
Mengingat Lagi Para Selebriti Indonesia yang Meninggal Dunia di 2018
Pemakaman Dian Pramana Poetra (Foto: Medcom/Cecylia)
 
Legenda musik pop era 1980-an, Dian Pramana Poetra meninggal dunia pada 27 Desember 2018. Dia meninggal setelah baru diketahui mengidap kanker darah atau leukemia dan sudah memasuki stadium 4.
 
Meski sempat dibawa ke RSIA Hermina Jakarta Timur, dia enggan bermalam dan memilih pulang. Tak lama setelah itu, pasangan duet Deddy Dhukun dalam 2D itu meregang nyawa di kediamannya di kawasan Tebet.
 
Dian Pramana Poetra dimakamkan satu liang dengan sang ayah di tanah wakaf Masjid Raya Ibadur Rahman, Kelapa Dua Wetan, Jakarta Timur, Jumat, 28 Desember 2018.
 
Dian Pramana Poetra meninggal dalam usia 56 tahun.
 

 


 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif