Nia Daniaty dan Olivia Nathania (Foto: instagram)
Nia Daniaty dan Olivia Nathania (Foto: instagram)

Sidang Kasus Penipuan CPNS, Anak Nia Daniaty Didakwa dengan Pasal Berlapis

Hiburan selebritas nia daniaty Olivia Nathania
Elang Riki Yanuar • 26 Januari 2022 20:20
Jakarta: Kasus penipuan rekruitmen CPNS yang melibatkan putri Nia Daniaty, Olivia Nathania memasuki babak baru. Dalam persidangan, wanita yang akrab disapa Oi itu didakwa dengan pasal berlapis.
 
Oi harus mempertanggungjawabkan perbuatannya yang melakukan penipuan berkedok menjanjikan korbannya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam sidang yang digelar secara virtual, jaksa menjerat Oi dengan pasal penipuan, penggelapan hingga pemalsuan surat.
 
"Olivia dikenakan Pasal 263 KUHP juncto Pasal 65 KUHP. Itu yang pertama. Yang kedua, dikenakan Pasal 378 KUHP juncto Pasal 65 KUHP dan Pasal 372 KUHP juncto Pasal 65 KUHP," jelas Jaksa Penuntut Umum Pratiwi Kusuma Rahayu, Rabu (26/1/2022).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mendengar dakwaan jaksa, tim pengacara Oi, Andy Mulia Siregar mengungkapkan jika kliennya tidak akan mengajukan eksepsi atau nota keberatan. Namun, Andy juga menegaskan jika perbuatan Oi juga tidak dilakukan atas perannya sendiri. Ada juga peran Agustin, mantan guru Oi yang juga ikut melaporkan kasus ini.
 
"Perbuatan Oi itu tidak lepas dari perbuatan lainnya. Dalam dakwaan jelas disebutkan bahwa Oi itu memberikan info pada pihak Ibu Agustin. Kemudian jaksa dalam dakwaannya menerangkan, Agustin meneruskan info tadi. Jadi kalau Ibu Agustin tidak meneruskan info tadi, tidak akan terjadi seperti ini," jelas Andy.
 
Karena itulah, Andy menganggap Agustin yang ikut mencari calon korban turut serta dijadikan tersangka. "Dia juga punya kesalahan. Berperan dalam memberi info ke yang lain," kata Andy.
 
Olivia Nathania dilaporkan ke polisi oleh sejumlah orang yang mengaku dijanjikan menjadi PNS. Korban yang berjumlah ratusan orang mengaku sudah menyetor uang kepada Oi. Janji menjadi PNS tidak terbukti. Total kerugian di kasus ini mencapai Rp9,7 miliar.
 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif