Srimulat Terkendala Regenerasi
Nunung tampil bersama Srimulat (Foto: Antara/Zabur Karuru)

Jakarta: Kelompok Srimulat masih tetap berjalan. Kendati kerap berganti personel dan tampak jarang muncul di layar televisi, baik anggota atau mantan Srimulat masih eksis di panggung hiburan, meski pamornya tak sebesar dulu.

Kabar ini dibenarkan Nunung, mantan anggota Srimulat.

"Kalau Srimulat-nya enggak mungkin mandek (berhenti). Sampai kapanpun Srimulat masih ada terus. Memang kalau dulu kita main permanen di suatu gedung, tapi kalau para pemainnya masih," kata Nunung kepada Medcom.id, Rahu, 16 Mei 2018.



"Kebetulan kemarin (Alm.) Mas Gogon, ya namanya manusia. Kita enggak tahu ya, tapi untuk personel masih. Mereka masih, off air masih ramai. Cuma untuk off air (melawak bersama dalam tim Srimulat) mereka belum, mungkin bintang-bintang tamu."

Untuk regenerasi pemain Srimulat, Nunung memang menginginkan adanya perubahan. Namun, hal itu dirasa sulit karena tenaga kerja yang bergerak di panggung komedi terbilang jarang. Belum ada sekolah komedi khusus sebagai wadah belajar.

"Susah ya kalai regenerasi untuk komedian memang susah. Kalau bapak ibunya bintang film, penyanyi, anaknya banyak yang jadi penyanyi, bintang film. Cuma kalau bapak ibunya komedian, belum tentu anaknya bisa jadi komedian. Komedi itu susah.

"Satu-satunya kesenian yang belum ada sekolahnya ya komedian itu. Mereka sampai sekarang, cuma sekarang anaknya Mas Gepeng sama Pak Subur, itu pun sudah meninggal anaknya. Tinggal anaknya Mas Gepeng ini, kayaknya  sudah lama tidak aktif, enggak tahu sekarang mereka larinya ke mana, mereka larinya ke sinetron," kata Nunung.

"Komedian memang enggak gampang, memang susah."

"Kalau dari kita sih maunya ada regenerasi. Saya sih dengar ada Srimulat di Surabaya. Cuma, di Surabaya yang pegang kakaknya Mas Koko, Mbak Yayuk," pungkas pelawak asal Surakarta itu.

Aksi panggung para pelawak Srimulat jarang tampak di televisi, bukan berarti mereka vakum atau bubar. Terbukti, para mantan anggota masih aktif berkesenian dan mendapat tawaran kerja.


 





(ASA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id