Efek Rumah Kaca di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Januari 2020. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Efek Rumah Kaca di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Januari 2020. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Cerita Efek Rumah Kaca Rekaman di Studio New York

Hiburan efek rumah kaca band
Cecylia Rura • 29 Januari 2020 14:10
Jakarta: Efek Rumah Kaca (ERK) menciptakan memorabilia akan New York dalam mini album Jalan Enam Tiga. Pengalaman rekaman di New York rupanya memberikan cerita sendiri bagi mereka.
 
"Beda dari latihan, mandiri banget. Masuk studio kita harus lapor ke kantor dulu," cerita Akbar di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Januari 2020.
 
Terutama soal waktu penggunaan studio untuk rekaman dirasa jauh berbeda dengan di Indonesia. Efek Rumah Kaca merasakan disiplin waktu dari mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau di sini dua jam, mau jam-jam terakhir suka lewat, di sana benar-benar belum sampai habis. Sepuluh menit sebelum habis pintunya udah dibuka sama orang lain," kata Akbar.
 
"Lima menit terakhir untuk beberes," imbuh Cholil.
 
Efek Rumah Kaca diberi kebebasan untuk mengulang sesi rekaman. Bryce Goggin dinilai memberikan perlakuan baik sehingga membuat ERK nyaman latihan di Trout Studio.
 
"Komunikasinya lebih lancar jadi free aja. Kalau gue tegang banget sebenarnya. Jadi kita mau ulang lagi enggak apa-apa. Sampai suatu saat sudah cukup, sudah oke, dia tetap kasih kebebasan. Cara dia treat enggak bikin kita tegang," kata Akbar.
 
"Mereka delapan jam, bukan enam jam," imbuh Akbar.
 
Akbar menceritakan Trout Studio tempat mereka rekaman memiliki dua lantai dan ada beberapa ruang dengan harga berbeda-beda. Ada dua manajer yang mengelola tempat tersebut.
 
"(latihan) 20 dolar sejam," kata Akbar.
 
Poppie mengamini perkataan Akbar. Sosok Bryce tak menghambat mereka dalam proses rekaman termasuk memfasilitasi seluruh kebutuhan.
 
"Rasanya kayak baru rekaman juga dan Bryce orangnya humble. Dan semua alat di situ sudah masuk ke mesin dia. Kita rekamannya masih pakai pita, analog. Gitar, bass, drum, lari ke kita, terus convert mereka ke digital," cerita Poppie.
 
Mini album Jalan Enam Tiga melakukan proses rekaman pada musim panas tahun lalu. Tiga nomor lagu dan satu yang sudah dirilis lebih dulu di-mixing oleh Bryce Goggin di Trout Studio dan mastering dari Scott Hull di Masterdisk.
 
Mini Album Jalan Enam Tiga sudah dapat didengarkan melalui platform music digital. CD album dan kaset dirilis secara resmi pada Selasa, 28 Januari 2020 di Mini Amphitheater M Bloc Space, Jakarta Selatan. Perilisan album sekaligus dirayakan dengan peresmian nama penggemar ERK yakni Penerka.

 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif