Gitaris Jeff Beck tutup usia. AFP/Kevin Winter
Gitaris Jeff Beck tutup usia. AFP/Kevin Winter

Jeff Beck Tutup Usia, Banjir Ucapan Belasungkawa dari Musisi Dunia

Adri Prima • 12 Januari 2023 15:05
Jakarta: Salah satu gitaris paling berpengaruh dalam sejarah rock, Jeff Beck, meninggal dunia, pada Selasa, 10 Januari 2023 waktu Amerika Serikat. 
 
Jeff Beck meninggal pada usia 78 tahun. Ia meninggal dunia setelah didiagnosa mengalami meningitis akibat infeksi bakteri. 
 
"Atas nama keluarga, dengan penuh duka, kami berbagi kabar mengenai meninggalnya Jeff Beck. Setelah secara tiba-tiba terinfensi bakteri yang menyebabkan meningitis, dia meninggal dalam damai kemarin," ungkap pernyataan resmi keluarga di sosial media. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meninggalnya Jeff Beck meninggalkan duka mendalam bagi banyak musisi besar dunia. Ungkapan belasungkawa juga disampaikan oleh Ozzy Osborne.
 
"Sulit untuk mengungkapkan betapa sedihnya saya mendengar Jeff Beck meninggal. Sungguh kehilangan yang besar bagi keluarga, teman, dan banyak penggemar. Merupakan suatu kehormatan untuk mengenal Jeff dan suatu kehormatan yang luar biasa untuk membuatnya bermain di album terbaru saya, Patient Number 9. Saya akan selalu mengingatnya," tulis Ozzy Osbourne di akun sosial media pribadinya.
 
Ungkapan duka juga dilontarkan oleh vokalis Kiss, Gene Simmons. "Tidak ada yang bisa bermain gitar seperti beck. Coba Anda dengar dua album pertama Jeff Beck Group dan siap-siap terkagum-kagum. RIP," tutur Simmons.
 
Hal senada juga diungkapkan oleh musisi Inggris, Paul Young yang menyebut Jeff Beck merupakan gitarisnya para gitaris. "Dia dicintai oleh semua orang," tulis Young.

Perjalanan karier Jeff Beck


Jeff Beck adalah gitaris rock berkebangsaan Inggris. Pria yang lahir tanggal 24 Juni 1944 memiliki peran sentral dalam perkembangan musik rock dunia.
 
Dia merupakan salah satu dari tiga gitaris termahsyur, bersama dengan Eric Clapton dan Jimmy Page, yang bermain dalam band The Yardbirds.
 
Salah satu hit awal karier Beck berjudul "Beck's Bolero", single yang dirilis pada 1967 ini turut menampilkan Jimmy Page dan John Paul Jones yang kemudian dikenal sebagai personel Led Zeppelin, dan juga drummer The Who, Keith Moon.
 
Setahun kemudian, Beck membentuk band sendiri, Jeff Beck Group yang juga menuai sukses.
 
Pada 2015, majalah Rolling Stone menempatkan Beck di posisi kelima daftar 100 gitaris terhebat sepanjang masa.
 
Sepanjang kariernya, Jeff Beck telah meraih delapan trofi Grammy Awards, dan masuk ke dalam 17 nominasi.
 
(PRI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif