YouTube Bayar Rp26 Triliun untuk Industri Musik Selama 2018

Purba Wirastama 11 November 2018 08:00 WIB
youtube
YouTube Bayar Rp26 Triliun untuk Industri Musik Selama 2018
YouTube Bayar Rp26 Triliun untuk Industri Musik Selama 2018 (Foto: youtube)
California: Platform video daring YouTube mengklaim mereka telah membayar USD1,8 miliar atau sekitar Rp26,27 triliun dari pendapatan iklan untuk industri musik selama setahun terakhir. Dengan nilai tersebut, total dana dari iklan yang telah mereka habiskan untuk bisnis musik mencapai lebih dari USD6 miliar.

Menurut Billboard, data ini dirilis oleh Google dalam laporan berjudul How Google Fights Piracy. Laporan tahunan terakhir ini meliputi transaksi sejak Oktober 2017 hingga September 2018.

Dari total pengeluaran yang mencapai USD6 miliar itu, sekitar setengahnya diberikan lewat teknologi Content ID. Content ID adalah sistem internal platform yang mampu memindai dan mencocokkan konten unggahan dengan basis data yang dikirim oleh kreator dan pemilik konten.


Tujuannya adalah untuk melindungi hak properti intelektual pemiliknya sehingga pembajakan berkurang dan pendapatan iklan bisa disalurkan dengan tepat. Sistem ini dibangun dengan dana investasi USD100 juta dan selama 2017, telah menangani 98 persen klaim hak cipta.

Sementara itu, menurut catatan Billboard, platform Spotify telah menghabiskan dana serupa lebih dari EUR10 miliar atau sekitar Rp166,93 triliun hingga Agustus 2018. Sebanyak EUR2 miliar dikeluarkan selama 2018.

Artinya, berdasarkan laporan tersebut, sepanjang tahun ini Spotify membayar USD300 juta per bulan untuk pemegang hak cipta musik, sedangkan YouTube membayar USD150 juta per bulan. Apple Music belum mengeluarkan laporan serupa.

Laporan Google juga menyebutkan bahwa hingga kini, sudah ada lebih dari 100 video yang mencapai angka views (jumlah ditonton) lebih dari satu miliar kali.




 



(ELG)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id