Weezer di panggung Soundrenaline 2022 (Foto: Medcom.id)
Weezer di panggung Soundrenaline 2022 (Foto: Medcom.id)

Luar Biasa! Vokalis Weezer Nyaris Bicara Bahasa Indonesia Sepenuhnya di Atas Panggung!

Agustinus Shindu Alpito • 27 November 2022 07:29
Jakarta: Ada peristiwa menarik saat Weezer tampil di Soundrenaline 2022. Dalam festival musik yang digelar di Allianz Ecopark - Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu, 27 November 2022, sang vokalis Rivers Cuomo nyaris berbahasa Indonesia penuh dalam komunikasinya dengan penonton. Cuomo tak mengucapkan "nasi goreng" atau sekadar "apa kabar?" layaknya artis-artis internasional lain yang tampil di Indonesia. Lebih dari itu, Cuomo mengucapkan bahasa Indonesia dalam kalimat yang cukup panjang dan memiliki beberapa konteks.
 
Cuomo mengawali sapaannya dari atas panggung dengan, "Assalamualaikum, selamat malam bestie, kami Weezer dari Los Angeles. Apa kabar semua? Selamat datang di konser ini. Ini bakal seru."
 
Seluruh kalimat di atas diucapkan Cuomo dengan sangat fasih. Tanpa jeda mengeja. Tampak Cuomo sangat mempersiapkan beragam kata dan kalimat bahasa Indonesia itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami senang bisa bermain di Indonesia, kami terakhir ke sini 9 tahun lalu," lanjut Cuomo.
 
Lucunya, Cuomo juga menyelipkan guyonan yang viral di jagat media sosial orang Indonesia, yaitu kata-kata "Kamu nanya?" dengan logat khas TikTokers Alif Cepmek.
 
"Kalian suka Weezer juga bro? Kalian Mantul! Kamu nanya?" kata Cuomo dengan nada bicara seperti Alif Cepmek.
 
Beberapa ucapan bahasa Indonesia lain yang dilontarkan Cuomo dari atas panggung antara lain, "Indonesia sangar!" dan juga candaan "Ada yang mau ke Dufan?"
 
Puncak dari ke-Indonesia-an Cuomo adalah membawakan lagu hit Chrisye, "Anak Sekolah." Lagu ciptaan Oddie Agam itu dinyanyikan Cuomo dengan sangat fasih.
 
Cuomo sepertinya sudah mempersiapkan betul penampilannya di Indonesia. Dia mengulik lagu-lagu hit Indonesia sejak beberapa bulan lalu. Cuomo menggunakan platform Discord untuk berkomunikasi dengan penggemarnya di Indonesia, dan meminta saran lagu apa yang kira-kira cocok dia bawakan. Dari situ Cuomo mendapat tautan beberapa lagu Indonesia dari penggemar, dan "jatuh cinta" dengan "Anak Sekolah."
 
Selanjutnya, mantan jurnalis musik Rolling Stone Indonesia, Hasief Ardiasyah, yang juga berada dalam forum Discord itu memberikan beberapa tips dan contoh dalam pengucapan kata-kata bahasa Indonesia. Cuomo nampaknya seorang fast learner, dia menyerap arahan Hasief dengan sangat baik dan kemudian membawakan "Anak Sekolah" dengan sangat sempurna.
 
 
 
(ASA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif