Musisi asal Malang, Iksan Skuter. (Foto: Dokumentasi Pribadi Iksan Skuter)
Musisi asal Malang, Iksan Skuter. (Foto: Dokumentasi Pribadi Iksan Skuter)

Cerita di Balik Lagu 'Papua Kucinta' Milik Iksan Skuter

Hiburan Iksan Skuter
Daviq Umar Al Faruq • 22 Agustus 2019 16:20
Hitam kulitku bukan berarti kami dendam denganmu
Di penjuru dunia tanah kami paling kaya
Papua papua kucinta
 
Tanah dan tombak bukan untuk menyerangmu
Kami ada sebelum republik ini tercipta
papua papua kucinta
 
Malang: B
erikut adalah sepenggal lirik dari lagu berjudul Papua Kucinta karya musisi asal Malang, Muhammad Iksan. Lagu ini diciptakan oleh musisi yang lebih akrab disapa dengan Iksan Skuter itu sejak 2012.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lagu Papua Kucinta sebelumnya masuk ke dalam album kompilasi bertajuk 'Papua Itu Kita' yang dirilis pada 2015. Hasil penjualan album ini seluruhnya dihibahkan untuk berbagai macam kegiatan pendidikan di Papua.
 
Saat ditemui Medcom.id, Iksan mengaku kembali merilis lagu Papua Kucinta lewat albumnya sendiri yang bertajuk 'Lumintu' tahun ini. Iksan menjelaskan, lagu itu menceritakan tentang realita yang kerap dijumpai di tanah Papua.
 
"Saya punya banyak teman asal Papua. Saya banyak baca hal-hal tentang Papua dan pernah datang sendiri ke Papua. Di sana saya melihat kondisi tanahnya, alamnya, dan manusianya," katanya, Kamis 22 Agustus 2019.
 
Setelah mempelajari segala tentang Papua, Iksan kemudian menumpahkan apa yang ia dapat dalam sebuah lagu. Hanya butuh waktu seperempat jam bagi Iksan untuk membuat lagu tersebut yang kemudian langsung direkam di Jakarta.
 
Lagu Papua Kucinta sendiri telah beberapa kali ia bawakan saat tampil di berbagai kota. Bahkan, Iksan mengaku memiliki kenangan tersendiri saat menyanyikan lagu itu dalam sebuah acara di Jakarta beberapa waktu lalu.
 
"Saat manggung di acara Walhi di Jakarta, saya jadi saksi ada anak-anak Papua yang menangis mendengarkan lagu Papua Kucinta ini. Padahal, selama ini tidak ada anak Papua yang menangis mendengar lagu itu," kisahnya.
 
"Saya tidak tahu kenapa. Setelah selesai manggung mereka mengucapkan terima kasih karena lagu itu sudah mewakili perasaan mereka. Mereka bilang saya lebih Papua dari mereka yang asli Papua sendiri," imbuhnya.
 
Di tengah banyaknya aksi demo besar-besaran yang terjadi di beberapa kota di Papua baru-baru ini, Iksan berharap agar kondisi tersebut tak berlangsung lama. Menurutnya, masyarakat Papua hanya mengharapkan kesetaraan.
 
"Saya belum balik lagi ke Papua. Tapi saya harap semakin baik. Saya harap lagu Papua Ku Cinta bisa menerangkan bahwa kita itu saudara. Karena liriknya itu soal kesetaraan. Indonesia bukan hanya Jawa, Indonesia bukan hanya Jakarta," pungkasnya.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif