Mel Shandy (Foto: Dok. C&R)
Mel Shandy (Foto: Dok. C&R)

Mel Shandy, Lady Rocker Pembuka Konser Sepultura di Indonesia

Hiburan lady rocker indonesia
Agustinus Shindu Alpito • 12 Mei 2016 15:14
medcom.id, Jakarta: Menjadi penyanyi pembuka konser grup musik internasional tentu sebuah kebanggaan tersendiri. Saat musik metal masif digemari anak muda Indonesia di awal dekade 1990-an, para promotor berlomba-lomba mendatangkan grup metal ternama ke Indonesia. Salah satunya Sepultura.
 
Grup musik asal Brasil itu tampil di Stadion Tambaksari, Surabaya, pada tahun 1992. Kala itu, band pembuka yang didaulat adalah Power Metal dan Mel & Metal Boyz.
 
Surabaya adalah kota kedua yang disambangi Sepultura, setelah tampil di Stadion Lebak Bulus dengan Edane sebagai band pembuka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi penggemar musik keras di Indonesia yang melewati dekade 1990-an, tentu tidak asing dengan Mel & Metal Boyz. Grup ini mengusung lady rocker Mel Shandy sebagai vokalis.
 
Era itu memang beda. Industri musik memiliki beberapa vokalis rock perempuan. Mereka seperti menjadi alternatif tersendiri bagi penikmat musik keras, paras ayu namun berbalut gaya bintang rock yang maskulin dan urakan.
 
“Log Zhelebour orang yang berjiwa besar, yang mengorbitkan saya sebagai seorang Mel Shandy. Bersama Mas Log aku dikenalkan arranger dari God Bless, Yockie Suryoprayogo, lalu mengeluarkan album Bianglala,” kata Mel dalam wawancara untuk program Melawan Lupa yang ditayangkan Metro TV.
 
Industri musik pada masa itu beda dengan saat ini, tangan dingin produser sangat menentukan karier band atau penyanyi. Pada saat itu, Log adalah orang yang sangat diperhitungkan dan dikenal mampu mengorbitkan grup musik berbasis rock. Karier Mel juga melejit saat di bawah naungan Log.
 
“Dia penyanyi wanita pertama yang saya rekam albumnya. Menjadi bagian dari artis saya yang cukup menjual,” kata Log.
 
Lain dulu, lain sekarang. Sejak tahun 2007, Mel memutuskan mengenakan jilbab. Aksinya tak lagi se-liar dahulu, tetapi api rock dalam jiwanya masih terus berkobar hingga saat ini. Dalam beberapa karya musiknya kini, Mel Shandy bahkan memperdengarkan kebolehannya mengaji.
 
Di situs YouTube, aksi Mel Shandy masih bisa ditemui. Saat ini Mel sering tampil bersama beberapa grup, salah satunya adalah Mel Shandy & Sexy Rock.
 
“Shandy enggak pernah berhenti di musik rock, meski dia memilih jalan sebagai muslimah yang baik dan berjilbab,” ujar pengamat musik Bens Leo.
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif