Pemain sasando dan Purwacaraka membawakan lagu Fix You dengan alat musik Sasando. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Pemain sasando dan Purwacaraka membawakan lagu Fix You dengan alat musik Sasando. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Purwacaraka Boyong Tim Terbaik ke Frankfurt Musikmesse 2019

Hiburan Frankfurt Musikmesse 2019
Cecylia Rura • 26 Maret 2019 18:20
Jakarta: Musisi Purwacaraka ikut meramaikan paviliun Indonesia dalam pameran Frankfurt Musikmesse 2019 di Frankfurt, Jerman. Total ada 14 orang dalam tim Purwacaraka yang memainkan instrumen musik karya anak bangsa di antara 11 jenama perwakilan di Frankfurt Musikmesse. Alat musik drum masuk pengecualian karena secara teknis menyesuaikan instrumen musik besutan Indonesia.
 
"Kita bass dari bambu, violin dari bambu, gitar kita pakai pakai full produk Genta elektrik dan akustik, satu angklung towel, dua vokalis, dan kita meminta bawa satu sasando elektrik," kata Purwacaraka di jumpa pers Frankfurt Musikmesse 2019 di Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019.
 
Purwacaraka bersama tim rencananya membawakan lagu barat menggunakan alat tradisional. Hal ini dilakukan agar calon pembeli atau investor lebih mudah mengenali produk Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya ingin menampilkan alat musik ini tapi dalam satu tampilan yang bisa dimengerti oleh international community pada umumnya. Saya tidak ingin melakukan eksplorasi full etnik, tapi justru membawa etnik musik instrumen ke dunia internasional supaya nanti pada akhirnya bisa dipakai sebagai alternatif alat musik internasional," lanjutnya.
 
Purwacaraka dan tim berencana membawakan lagu Fix You dari Coldplay dan beberapa lagu Indonesia dengan nuansa upbeat. Mereka bakal tampil di Festival Arena dengan estimasi kapasitas 1.500 penonton.
 
"Salah satu lagu yang dari NTT kita bawa adalah lagu Bolelebo," kata Purwacaraka.
 
Berbeda dengan para jenama, Purwacaraka dan tim tampil tanpa melalui kurasi. Mereka ditunjuk langsung untuk memainkan instrumen musik anak bangsa.
 
"Saya diminta untuk membentuk tim. Jadi saya bawa (teman-teman) supaya cepat juga prosesnya saya bawa teman-teman yang pasti sudah profesional," kata Purwacaraka.
 
Frankfurt Musikmesse 2019 akan digelar pada 2-5 April. Dari Indonesia ada 11 perwakilan brand dalam hal ini disebut jenama yang memproduksi instrumen musik beserta aksesorinya.
 
Purwacaraka dan tim dijadwalkan tampil pada 4 April 2019 dengan durasi satu jam di Festival Arena.

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif